Pemerintah Provinsi Maluku berharap Festival Ekonomi Syariah (Fesyar)  2023 yang digelar Bank Indonesia setempat  menjadi momentum meningkatkan dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di provinsi Maluku.

"Festival Ekonomi Syariah juga menjadi ajang memperkenalkan secara luas sistem ekonomi Syariah kepada masyarakat  Maluku," kata Sekretaris daerah (Sekda) Maluku  Sadali Ie  di Ambon, Jumat membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail.

Ia menyampaikan hal itu pada pembukaan Festival Ekonomi Syariah 2023 yang digelar Bank Indonesia perwakilan Maluku bertajuk "Semarak Ekonomi Syariah untuk Mendukung Pertumbuhan  Ekonomi Provinsi Maluku

Oleh sebab itu atas nama Pemerintah Provinsi Maluku pihaknya  menyambut baik festival tersebut serta menyampaikan penghargaan kepada Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku

Pemprov Maluku juga memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan perbankan atas kerja sama  pengembangan  ekonomi syariah serta membantu dan mengembangkan unit usaha Syariah berbasis UMKM di Bumi Raja-Raja guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Rawindra Ardiansah menyampaikan tren ekonomi dan keuangan syariah terus berkembang  di tingkat global maupun nasional sehingga  perlu didorong lebih jauh sebagai upaya  mendukung perkembangan ekonomi dan Syariah di Indonesia.

BI Maluku terus berkomitmen untuk menggelar festival ekonomi syariah di Maluku, festival ini sendiri dilaksanakan di tiga wilayah  Indonesia yakni di Jawa, Sumatra, dan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dia mengatakan, festival ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai rangkaian iven  kegiatan Indonesia Syariah ekonomi festival yang akan dilaksanakan pada Oktober 2023 untuk menggaungkan ekonomi syariah.

Melalui festival ini diharapkan dapat  meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat Maluku dalam pengembangan ekonomi syariah di Provinsi Maluku.

Rangkaian kegiatan salamfest yang akan digelar selama dua hari  pada 19-20 Mei 2023 dengan sejumlah kegiatan yaitu lomba Dakwah Ekonomi Syariah, business matching, talkshow eksyar halal, lomba rangking satu, lomba mewarnai, talkshow Eksyar wirausaha dan  closing ceremony.

Disamping itu ada juga kegiatan UMKM Showcase, berbagai hiburan dan dan doorprize menarik.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023