Masyarakat Kota Ambon terutama para kaum ibu yang berbelanja di pasar mulai mengeluh atas kenaikan harga telur ayam ras  yang  mencapai Rp2.400/butir.

Berdasarkan pantauan di pasar tradisional Kota Ambon, Senin, para pedagang telur di pasar Mardika, dan Batu Merah mulai menaikan harga telur bervariasi mulai dari Rp2.300 hingga Rp2.400/butir, atau naik dari sebelumnya Rp2.100/butir.

"Harga telur ayam sudah naik sejak kemarin di tingkat distributor yang ada di Kota Ambon, dari Rp345.000/ikat (180 butir) menjadi Rp380.000/ikat, akhirnya kita harus naikan harga jual eceran kepada masyarakat agar tidak merugi," kata Umar pedagang di pasar Mardika.

"Ada informasi juga yang kami dapat, bahwa dalam waktu dekat ini akan terjadi perubahan naik lagi, jadi kami tunggu saja," lanjut Umar.

Saat ditanya alasan sehingga terjadi kenaikan harga telur, informasi yang diterima stok di Pulau Jawa mulai berkurang, apalagi di Ambon juga sebagian besar telur di pasok dari Pulau Jawa untuk mengisi permintaan di pasar Ambon, jadi kalau terjadi perubahan di Jawa pasti di Ambon juga terjadi perubahan.

"Yang jelas agar tidak merugi, kami juga memilah telur agar dijual dengan harga yang beda, jadi kalau ukuran sedikit kecil dipatok harga Rp2.300/butir dan besar Rp2.400/butir, apalagi di dalam satu ikatan ada saja enam hingga tujuh butir yang rusak, pecah atau busuk," ujarnya

Merry, pembeli yang ditemui sedang membeli satu rak telur ayam yang isinya 30 butir merasa heran kalau harga telur ayam sudah naik sejak kemarin, jangan-jangan besok akan ada perubahan naik lagi, sebab informasi di siaran Televisi juga di Pulau Jawa harga telur sudah naik.

"Pasti akan terjadi perubahan, apalagi hari ini yang sudah naik bervariasi Rp2.300 hingga Rp2.400/butir, dari sebelumnya Rp2.200.

Sedangkan harga daging ayam beku asal Surabaya hingga kini masih tetap bertahan yakni Rp35.000/Kg, sedangkan ayam pedaging atau ayam potong dijual dengan harga Rp60.000 hingga Rp70.000/ekor tergantung ukuran ayam.

Untuk ikan segar di Ambon juga masih mahal, yakni untuk ikan cakalang dan tatihu dijual dengan harga berkisar antara Rp70.000 hingga Rp120.000/ekor tergantung ukuran, ikan momar dan kawalinya dijual Rp20.000/tumpuk, ikan karang hasil budidaya Rp50.000/tumpuk (delapan ekor).

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023