Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar upacara peringatan hari Kebangkitan Nasional yang ke-115  2023, dengan mengusung tema "Semangat untuk Bangkit demi mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

 

Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan, hari kebangkitan nasional kali ini dirayakan dengan memulihkan semangat pasca pandemi COVID-19.   

 

“Kita bersyukur setelah melalui krisis pandemi selama tiga tahun terakhir, momentum untuk memaknai hari kebangkitan nasional ke 115 ini sebagai membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi," kata Kapolda, di Ambon, Senin.

 

Ia menyebutkan, pada 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan status publik health emergency of internasional concern atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut.

 

Semangat untuk bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi dengan tema "Asean Matters Epicentrum Of Growth". 

 

“Dengan tema tersebut Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional, sekaligus memperkuat posisi Asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia," katanya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Maluku menambahkan, bara api semangat kebangkitan yang dijaga saat ini harus menjadi lentera penerang harapan. Hal ini juga sekaligus sebagai penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

 

"Dengan memaknai dan memperingati  hari kebangkitan nasional yang ke 115,  kita semua harus berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit," pintanya.

 

Diketahui, upacara turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, dan seluruh pejabat utama Polda Maluku.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023