Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) membantu pengembangan  perkebunan labu madu Korea yang dikelola  oleh kelompok  tani di Ternate lewat  program  ekonomi kerakyatan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Polda Maluku Utara punya program zero pengangguran dan entrepreneur milenial untuk  mendorong dan membantu pemerintah daerah  meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya pengembangan perkebunan kelompok tani di Ternate," kata Kapolda Irjen Pol Midi Siswoko dihubungi, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu saat meninjau perkebunan labu madu Korea didampingi Kapolres Pulau Ternate, Ipda Wahyu dan Lurah Kulaba, Aden Johra dan beberapa anggota kelompok tani lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Malut bertatap muka secara langsung dengan anggota  Kelompok Tani, dengan meninjau langsung dan melihat perkembangan maupun kendala yang di alami  kelompok tani tersebut.

Dia meminta, para petani, labu madu  bisa  menjadi motivasi bagi kelompok tani  lain agar lebih giat lagi dalam mengolah lahan pertanian yang masih kosong secara maksimal. 

Kapolda mengatakan  hasil panen dari labu madu ini tidak akan dijual dahulu mengingat harga  yang rendah, sehingga  akan diubah menjadi tepung terlebih  lalu dikirim ke Jakarta.

"Apalagi tekstur labu madu ini  berbeda dengan labu lokal pada umumnya, khasiat dari labu madu ini juga bagus untuk penderita gula karena kadar gulanya nol  persen," katanya.

Oleh Karena itu,  pada kesempatan ia berharap dukungan dari semua pihak terkait agar pengembangan budi daya labu madu bisa sukses.

Sementara itu, Dinas Pertanian kota Ternate, telah memberikan bantuan bibit dan menyediakan prasarana produksi guna mendorong para petani untuk penyediaan kebutuhan dasar yang ada di kota Ternate.

Kadis Pertanian kota Ternate Thamrin Marsaoly mengatakan, lebih dari 150  kelompok tani yang tersebar di kota Ternate telah  diberikan  pembinaan dan mendorong semangat bagi para petani agar dapat penyediaan kebutuhan dasar melalui tanaman hortikultura.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023