Jayapura (Antara Maluku) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Papua menggelar dialog interaktif guna merespon pernyataan Presiden Republik Indonesia mengenai dialog Jakarta-Papua dalam tiga pilar.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Papua, Viktor Mambor, di Jayapura, Kamis mengatakan, dialog interaktif yang digelar di Hotel Aston Jayapura ini bertujuan untuk mendengar pikiran, pendapat, dan aspirasi masyarakat Papua dalam kesetaraan dengan topik "Papua dan Masalahnya".

"Tujuan dialog interaktif ini adalah untuk mendengar langsung pikiran, pandangan, serta pendapat masyarakat mengenai tiga pilar, yakni NKRI, Otsus Papua, dan UP4B," katanya.

Dia juga mengatakan, acara dialog interaktif ini sebagai bentuk kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Forum Jurnalis Papua pada persoalan yang timbul di provinsi paling timur ini.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memberikan dialog Jakarta-Papua, untuk itu kita coba melihat respon dari para tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda dan Forkompimda untuk bertukar pikiran dan pendapat mengenai dialog yang sudah digulirkan," ujarnya.

Menurut dia, untuk melihat persoalan di Papua, semua pihak harus duduk bersama untuk mencoba mencari akar permasalahan di Papua.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya sangat berharap dengan adanya dialog interaktif ini bisa menghasilkan pikiran, pendapat dan aspirasi masyarakat dalam kesetaraan.  

Hadir dalam kegiatan itu Penjabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rifai, Ketua DPR Papua Jhon Ibo, Ketua MRP Timotius Murib, dan tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda, TPN/OPM, serta unsur TNI dan Polri.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011