Musisi Ananda Sukarlan siap berkolaborasi dengan musisi dan sastrawan kota Ambon sebagai upaya memperkenalkan karya dari kota musik dunia.

"Kali pertama saya ke kota Ambon saya terkesan dengan karya sastra dan musik daerah yang memiliki instrumen musik yang sangat menginspirasi," katanya di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, kolaborasi juga akan dilakukan dengan musisi yang tergabung dalam orkestra G20, untuk belajar musik.

"Kali ini yang datang ke Ambon hanya diwakili dua perwakilan musisi dari Jepang dan Spanyol, kunjungan mereka berikutnya diharapkan para musisi bisa tinggal di Ambon selama beberapa hari untuk mengajar dan belajar  bersama," katanya.

Kunjungan ke Ambon saat ini menjadi project pertama, berikutnya para musisi akan datang untuk beberapa hari sambil belajar dan berbagi pengalaman dengan para musisi di Ambon.

Ananda menyatakan, kolaborasi yang dilakukan yakni saling belajar musik Ambon dan memperkenalkan Ambon sebagai kota musik dunia.

"Jadi kita saling saling belajar mengajar semoga itu bisa membuat dunia musik lebih kaya, dan membawa Ambon dan Maluku Ke seluruh dunia dengan memperkenalkan musik Ambon  dengan musik klasik dari negara luar juga," katanya.

Kunjungan di Ambon saat ini, juga akan diisi dengan pelatihan musik oleh Ananda Sukarlan dan tim orkestra G20 dengan para musisi dan mahasiswa program studi musik di IAKN Ambon.

"Kesempatan bertemu dengan para mahasiswa, dosen dan musisi di Ambon kita akan saling belajar, semoga memberikan manfaat bagi kita semua ," ujarnya.

Ananda menambahkan, usai kunjungan di Ambon akan dilanjutkan dengan konser hari musik dunia di Jakarta pada 20 Juni 2023.

Konser tersebut bertujuan untuk mengingatkan warga Jakarta tentang Ambon sebagai Kota Musik Dunia, di malam Hari Musik Dunia.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023