Sejumlah pedagang di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menaikkan harga dagangannya terutama untuk kebutuhan ayam potong dan ikan segar di sejumlah pasar Gamalama dan Bastiong Ternate, jelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Memang, dalam sepekan ini, permintaan masyarakat untuk kebutuhan daging ayam potong dan ikan segar cukup tinggi, sedangkan stok persediaan berkurang sehingga harga daging ayam  dan ikan segar alami kenaikan, terutama menjelang H-1 lebaran Idul Adha tahun 2023" kata salah seorang pedagang ayam potong, Rasna Muhammad dihubungi, Rabu.

Dia menyatakan, untuk harga daging ayam potong di berbagai pasar rakyat Kota Ternate, menjelang lebaran Idul Adha 1444 Hijriah naik dari harga normal Rp35 ribu per potong, kini mencapai Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per potong.

Baca juga: Harga Daging Ayam Potong di Ternate Stabil

"Untuk ayam potong ukuran besar melonjak Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per potong dari harga normal Rp35 ribu per potong, karena menjelang lebaran Idul Adha dipastikan permintaan cukup tinggi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga ayam potong ini relatif biasanya karena tingginya permintaan masyarakat untuk kebutuhan masyarakat khususnya umat Muslim dan saat ini stok ayam potong dari pemasok mulai berkurang.

Begitu pula untuk harga ikan jenis cakalang berukuran sedang yang dijual dengan harga Rp40 ribu per ekor naik menjadi Rp50 ribu per ekor, sedangkan ikan cakalang berukuran besar dari Rp65 ribu per ekor menjadi Rp75 ribu per ekor.

Sementara itu, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota Ternate, menggandeng pemangku kepentingan telah mengantisipasi ketersediaan dan stabilisasi harga pangan dalam kondisi fenomena el nino dan Idul Adha 1444 Hijriah.

Baca juga: Harga Daging Ayam Potong di Ternate Stabil

Ketua TPID Kota Ternate, Jusuf Sunya menyatakan, pihaknya telah membahas beberapa komoditas memang alami kelangkaan dan untuk mengantisipasi atau meminimalisir kenaikan harga barang dalam hal ini angka inflasi kita agar bisa ditekan dalam minggu ke-empat ini.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih mengamati harga mulai dari dagang ayam potong hingga ikan segar yang alami kenaikan harga, menyusul meningkatnya pembeli.

Begitu pula, untuk harga beras Rp15 kg mencapai Rp225 ribu dan gambaran itu ada barang yang kita amati mingguan, ada yang bulanan tergantung barangnya karena hampir 400 komunitas diamati setiap bulan dan kalau yang bulanan itu barang-barang yang memang dikonsumsi secara rutin seperti beras minyak goreng dan sebagainya

Selain itu, untuk tingkat inflasi pada bulan ini yang sudah kelihatan naik sampai dengan minggu kedua yang cukup tinggi yaitu ikan terutama ikan cakalang kemudian, ikan tuna ikan lolosi, ikan ekor kuning kemudian labu siam itu juga naik cukup tinggi itu yang terbaik dengan inflasi bulanan.


Baca juga: Jelang Ramadhan harga ayam potong dan ikan di Ternate naik

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023