Tim Karate Ternate Club (KTC) meraih lima medali dari Kejuaraan Karate Internasional Milo Open Championship 2023 yang dilaksanakan di Stadion Titiwangsa Kuala Lumpur, Malaysia, pada 23-26 Juni.

Pelatih KTC sensei Riniyanti mengatakan, kejuaraan karate itu menambah jam terbang para atlet dan menjadi sarana uji coba para atlet KTC untuk menghadapi ajang yang lebih besar.

"Kami bersyukur, tim KTC bisa mengukir prestasi di event internasional ini," ujar Riniyanti saat dihubungi di Ternate, Kamis.

Tim KTC mendapatkan lima medali, dengan salah satu di antaranya merupakan emas, yang ditorehkan atlet atas nama Nurulhujaifa Humah. Medali emas tersebut direbut Nurul dari kategori Female KATA Individual 10-11 years.

Empat medali lainnya ialah perunggu, yang masing-masing disumbangkan oleh Sifa Azra Maharani, Ruslam Karo Karo, dan Keisyaputri Sabrina Ilham pada kategori Female Kumite Individual -42 kg U12-13, dan M.R. Amal dari kategori Male Kumite Senior Individual -75 kg.

Atas keberhasilan tersebut, Riniyanti menuturkan mengucapkan terima kasih kepada Walikota Ternate Tauhid Soleman dan Ketua KONI Kota Ternate yang selalu mendukung tim KTC.

Riniyanti mengapresiasi wali kota atas bantuan yang tak terhingga, termasuk memberangkatkan Tim KTC untuk berlaga dalam kejuaraan internasional di Kuala Lumpur.

"Mewakili Tim KTC saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Ternate Tauhid Soleman. Medali dan prestasi ini kami persembahkan untuk wali kota," tutur Riniyanti kepada pria yang sekaligus menjabat Ketua KTC tersebut.

Riniyanti berpesan kepada anak didiknya untuk selalu mengucap syukur dan tetap rendah hati atas pencapaian tersebut.

"Masih banyak prestasi yang lebih tinggi, tetap rajin berlatih," pesannya.

Sementara itu, Tauhid Soleman menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kontingen KTC usai mengikuti kejuaraan internasional di Malaysia.

Dalam turnamen yang diikuti berbagai negara tersebut, tiga dari lima atlet peraih medali berasal dari Kota Ternate. Satu orang menyabet medali emas dan dua lainnya meraih perunggu.

Selaku Ketua Umum KTC, Tauhid mengaku bahwa atlet yang ia berangkatkan menggunakan pendanaan pribadi. Beruntung mereka mampu menorehkan prestasi, bahkan salag satu atlet Kota Ternate menyabet penghargaan tertinggi.

"Mudah-mudahan jadi pemicu juga buat atlet-atlet yang lain, ada perguruan-perguruan lain yang bisa kirim dan ikut kejuaraan internasional," kata Tauhid.

"Saya apresiasi prestasi luar biasa ini. Walaupun dengan segala keterbatasan, pembiayaan yang tidak lewat organisasi tapi lewat pribadi, tapi alhamdulillah hasilnya juga maksimal,"pungkas Tauhid.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023