Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) selama curah hujan tinggi yang melanda daerah ini.

"Setelah musim penghujan, biasanya banyak genangan air yang menghasilkan jentik nyamuk dan sebagainya. Nah, ini harus diwaspadai agar bisa terhindar dari DBD, gatal, dan batuk," katanya  di Ambon, Selasa.

Menurutnya, DBD jangan dipandang sebelah mata, padahal penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang juga dikhawatirkan bisa merenggut nyawa orang.

"Data dinas kesehatan, selama periode Januari-Mei 2023 hanya ada 17 kasus DBD. Di Juni kemarin tidak ada. Tapi, saya minta masyarakat terus waspada. Apa lagi ini kan musim penghujan. Pada prinsipnya kita harus menjaga kesehatan,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra itu juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan pola hidup sehat dan bersih. Sebab dengan begitu, warga dapat terhindar dari berbagai penyakit menular.

Selain itu, ia meminta agar pihak dinas kesehatan segera melakukan langkah-langkah yang dapat mencegah terjadinya peningkatan DBD di Ambon pascamusim penghujan.

"Misalnya daerah endemis mana yang berpotensi timbulnya DBD, harus didata agar dilakukan pencegahan di sana," jelas Latupono.

Tidak hanya dinas kesehatan, ia juga menyarankan kepada pihak dinas lingkungan fidup dan persampahan (DLHP) untuk rutin membersihkan sampah di pinggiran jalan.

“Karena sumber dari penyakit itu kan dari tempat yang kotor. Setidaknya DLHP juga harus rutin membersihkan itu. Apa lagi hujan curah tinggi begini kita khawatirkan juga akan terjadi banjir. Warga juga jangan asal buang sampah sembarangan,” tandasnya.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023