Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif memerintahkan tim SAR Polda maupun Polres jajaran untuk siaga membantu daerah yang terdampak bencana alam, menyusul adanya cuaca ekstrem dan hujan deras yang sedang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Maluku.

"Saya sudah perintahkan tim SAR baik dari Polda, maupun Polres jajaran untuk siaga bencana dan membantu daerah yang terkena dampak bencana alam," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif di Ambon, Kamis.

Terhadap para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, diharapkan untuk senantiasa melakukan monitoring dan mengecek situasi maupun kondisi di wilayah tugas masing-masing.

"Selalu waspada khususnya dampak banjir dan tanah longsor terutama di malam hari," pintanya.

Orang nomor 1 Polda Maluku itu juga telah memerintahkan tim SAR Polda maupun Polres/ta jajaran untuk mempersiapkan personel dan peralatan SAR dalam mengantisipasi bencana alam.

Bahkan, tim SAR juga diperintahkan untuk dapat membantu masyarakat yang ikut terkena dampak musibah bencana alam seperti banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang.

Kepada masyarakat, Kapolda juga mengimbau untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Pasalnya, situasi maupun kondisi alam saat ini tidak menentu, dan sewaktu-waktu dapat berubah ekstrem.

"Saat ini sudah ada daerah yang terdampak, sehingga masyarakat harus selalu waspada," kata Kapolda.

Untuk warga yang mendiami wilayah bantaran sungai, lereng-lereng gunung dan daerah rawan lainnya juga diharapkan selalu waspada apabila terjadi hujan deras, maupun angin kencang.

"Polda dan Polres jajaran agar selalu siaga personel dan peralatan serta selalu koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun Basarnas untuk antisipasi," pintanya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023