Panglima daerah militer (Pangdam) XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa mengatakan bahwa tingkat kepercayaan publik terhadap TNI mencapai 95,8 persen.

"Untuk prajurit saya berpesan agar menjaga dan tingkatkan terus performa kalian, agar TNI tetap dipercaya oleh masyarakat dan selalu mendapat tempat khusus di hati rakyat," ujar Pangdam di Ambon, Senin.

Angka 95, 8 persen tersebut berdasarkan hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang membuat survei ini dengan ambang batas kesalahan survei (margin of error) ±2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei yang digelar pada 1-8 Juli 2023 ini melibatkan 1.242 orang responden. Responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

TNI pun jadi lembaga negara dengan tingkat kepercayaan paling tinggi, sebesar 95,8 persen.

Olehnya itu menurut Pangdam, menyikapi beragam kondisi dan tantangan dunia saat ini, TNI menjadi alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang.

TNI juga sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, dan harus mampu membantu mengatasi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa dan menjaga tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Semua itu untuk mewujudkan visi Panglima TNI, yakni menjadikan TNI sebagai Patriot NKRI. Panglima ingin mewujudkan kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang profesional, modern, dan tangguh," kata dia.

Untuk itu Pangdam pun mengajak seluruh TNI pada jajaran Kodam XVI Pattimura agar bersikap profesional, humanis serta menjaga marwah TNI.

Ia menekankan para prajurit agar tetap bersikap netral dalam pesta politik 2024.

"Sinergitas TNI-Polri dan instansi pemerintah yang lain yang harus dijaga dan terus ditingkatkan, pengamanan personil dan materiil," tandasnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023