Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendorong percepatan transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Maluku menuju Universitas Kristen Negeri (UKN).

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito menyatakan, peningkatan status institut menjadi Universitas sebagai bagian dari bagaimana pemerintah ingin meningkatkan kualitas layanan pendidikan di seluruh Indonesia.

"Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintah guna peningkatan produktivitas dan daya saing dimana turunan programnya adalah penguatan pendidikan tinggi yang berkualitas," katanya saat Rapat koordinasi arah pengembangan IAKN Ambon, secara daring, Kamis.

Ia mengatakan, perubahan peningkatan status dari Institut menjadi universitas harus dibuktikan dengan capaian indikator adanya peningkatan kapabilitas IPTEK dan capaian inovasi.

"Karena itu rapat koordinasi ini menjadi penting, kami dari Kemenko PMK harus memastikan bahwa program prioritas pemerintah ini benar-benar diimplementasikan dengan baik oleh Kementerian atau lembaga teknis, dalam hal ini Kementerian Agama dan Kemendikbudristek khususnya terkait dengan alih jenjang IAKN Ambon," katanya.

Warsito menyatakan, rapat koordinasi ini penting guna selanjutnya didiskusikan, dibahas kemudian rekomendasi guna tercapainya tujuan.

Alih status katanya, bukanlah tujuan melainkan alat untuk mencapai kapasitas iptek dan inovasi kemudian penyiapan SDM yang berkualitas dan berdaya saing merupakan tujuan, sementara peningkatan status adalah alat untuk mencapai.

Plt Asisten Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Ahmad Saufi menambahkan, upaya transformasi kelembagaan merupakan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pendidikan tinggi, khususnya pendidikan tinggi keagamaan salah satunya IAKN Ambon.

"IAKN Ambon sudah mempunyai sejumlah prestasi yang kemudian menjadi contoh khususnya pendidikan seni musik dan musik gerejawi yang cukup berkembang," katanya.

Upaya transformasi IAKN menjadi Universitas Kristen Negeri, tentunya harus sejalan dengan perubahan program studi umum yang akan masuk yakni fakultas sains teknologi.

Kehadiran prodi umum akan memberikan kesempatan kepada anak Bangsa khususnya yang ada di Maluku untuk bisa berkuliah tidak hanya Prodi keagamaan tapi juga Prodi umum yaitu fakultas sain dan teknologi.

"Melalui transformasi Institut menjadi universitas makin terbuka peluang bagi masyarakat Maluku tidak hanya di prodi agama tetaph juga umum, hal ini menjadi tugas kita bersama di pusat dan daerah," Katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023