Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku menyerahkan aset pekerjaan peningkatan kualitas permukiman kumuh ruang terbuka publik (RTP) pantai Wainitu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Serah terima pengelolaan aset pekerjaan peningkatan kualitas permukiman kumuh di Ruang Terbuka Publik pantai Wainitu dilakukan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Reza Rizal Pratama kepada Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena di Ambon, Jumat.

Penjabat Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR, melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku yang telah membangun serta menata kawasan pantai Wainitu sehingga tidak terlihat kumuh.

"Kawasan Pantai Wainitu saat ini luar biasa bagus, semula merupakan kawasan kumuh warga ditata menjadi RTP yang harus dijaga dan dirawat dengan baik," katanya.

RTP ini, katanya, harus dijaga dan dirawat dengan baik dan menjadi aset yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pemkot, katanya, telah melihat peluang guna memanfaatkan lokasi tersebut sebagai tempat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kita akan buat tempat untuk pelaku UMKM bisa menjual produk yang mereka miliki," katanya.

Pihaknya berharap, partisipasi serta perhatian masyarakat sekitar kawasan RTP guna menjaga lingkungan tidak membuang sampah sembarang, tidak merusak kawasan ini, agar keindahannya tetap terjaga.

"Kawasan ini mesti dimanfaatkan dengan baik. Harus dijaga dan dirawat oleh pemkot termasuk kepala keluarga (KK) yang berada di kawasan kita, agar menjadi aset yang bisa bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Kapala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Maluku Reza Riska Pratama menambahkan, suksesnya penataan kawasan RTP Pantai Wainitu didukung peran serta Pemerintah Kota Ambon untuk menata kawasan ini yang sebelumnya kumuh.

RTP pantai Wainitu menjadi tempat berinteraksi dan berekreasi masyarakat, sekaligus memberikan dampak ekonomi bagi para pelaku usaha.

"Harapan kami kawasan RTP Pantai Wainitu ini dapat dijaga dengan baik sehingga manfaatnya terasa bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023