Kepolisian Wanita (Polwan) Polda Maluku melakukan donor darah sebanyak 40 kantong, yang dilakukan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) Polwan RI ke-75. 

 

Aksi donor darah yang diikuti oleh kurang lebih 150 orang ini dilaksanakan di Tribun Lapangan Polda Maluku Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Maluku.

 

“Tadi peserta donor terdiri dari Polwan sebanyak 150 orang, tapi setelah discrening yang memenuhi syarat hanya 40 orang,” kata Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif usai meninjau pelaksanaan donor darah,” di Ambon, Senin. 

 

Kegiatan sosial kemanusiaan ini turut diikuti oleh Ketua Pengurus Bhayangkari Daerah Maluku Ibu Evi Lotharia Latif beserta pengurusnya, dan personil Polwan Polda Maluku.

 

Turut mengikuti donor darah yaitu perwakilan dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Angkatan Laut (Kowal) dan Angkatan Udara (Wara).

 

“Aksi donor darah tersebut di fasilitasi oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ambon,” ujarnya. 

 

Kapolda berharap kepada seluruh Polwan Polda Maluku agar aksi sosial kemanusiaan ini tidak sekadar kegiatan seremonial semata. Tetapi menunjukan semakin matangnya usia Polwan ke-75 Tahun.

 

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan kita dari Kowad Kodam XVI/Pattimura, Kowal Lantamal IX Ambon, dan Wara Lanud Pattimura yang mana telah berpartisipasi dalam pelaksanaan aksi donor darah hari ini," ucapnya

 

Irjen Latif berharap kegiatan Bakti Kesehatan ini dapat bermanfaat bagi sesama, terutama masyarakat Maluku yang membutuhkan. 

 

"Terima kasih kepada seluruh Polwan yang telah berpartisipasi, dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita. Teruslah berkarya dalam melayani dan membantu masyarakat," tandas Kapolda. 

 

Diketahui, sebelumnya Polwan Polda Maluku juga telah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Polwan ke-75 ini 

 

Di antaranya, Polwan Polda Maluku sudah menggelar bakti kesehatan kepada masyarakat di dusun Air Manis, Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon dan diikuti kurang lebih 100 orang warga.

 

Kegiatan bakti kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, gula darah, kolesterol, asam urat dan juga konsultasi dengan dokter untuk pasien yang mengalami hipertensi/ darah tinggi.

 

Tidak hanya itu, bakti kesehatan juga digelar di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) perempuan Kelas III Kota Ambon.

 

Setelah bakti kesehatan, Polwan Polda Maluku juga sudah melakukan bakti religi dengan membersihkan sejumlah rumah ibadah sekaligus memberikan bantuan sembako di Panti Jompo, Passo, Ambon.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023