Gelaran Disporseni Nasional Universitas Terbuka (UT) masih terus bergulir. Beragam lomba dilaksanakan, tidak hanya untuk level mahasiswa, tetapi juga tingkat SLTA. 


Selain basket 3 on 3, lomba yang digelar adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) khusus mata pelajaran Matematika dan Biologi. 

Lomba digelar secara online dan diikuti oleh 38 tim dari 12 UT Daerah (Majene, Pangkalpinang, Surakarta, Bengkulu, Jayapura, Ambon, Banda Aceh, Banjarmasin, Bogor, Medan, Tarakan, dan Ternate). 
    
“Provinsi Maluku atau yang mewakili UT Ambon sebanyak 2 tim dari SMAN 14 Kota Ambon. Tim pertama untuk mata pelajaran Biologi  terdiri dari Frederico Tiong Bakpeng dan Van Rei Ubro. Mereka harus mengerjakan 50 butir soal dalam waktu 90 menit. Sementara untuk mata pelajaran Marematika tim siswa SMAN 14 Kota Ambon yakni Esther Loupatty dan Godeliva Huik mengerjakan 30 butir soal juga dalam waktu 90 menit,” kata  Direktur UT Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori di Ambon Senin.

Ditambahkan Yuli, perwakilan dari SMAN 14 Ambon tersebut merupakan siswa kelas XI. Dari 38 tim yang berlaga nanti akan diambil 6 tim melaju ke semifinal.

 Kemudian babak final masing-masing mata pelajaran akan diikuti oleh 3 tim. 

Menurut Yuli, OSN dalam rangka Disporseni Nasional UT ini digelar untuk mengasah potensi siswa SLTA dalam dua mata pelajaran Matematika dan Biologi.

 “Selain itu, tentunya untuk lebih mengenalkan tentang UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara Pendidikan Jarak Jauh yang berkualitas, terakreditasi, berbiaya terjangkau, dan fleksibel dalam hal waktu perkuliahan,” imbuh Yuli. 

Lomba Mobile Legend
    
Selain OSN, khusus siswa SLTA/Sederajat di Kota Ambon, dalam waktu dekat UT Ambon juga segera menghelat Turnamen Mobile Legend Bang Bang (MLBB).  
Sebanyak 32 Tim akan berlaga sejak babak penyisihan (online) tanggal 24 Agustus 2023. Kemudian babak semifinal tanggal 25 Agustus 2023 secara offline dan babak final 26 Agustus 2023 juga secara offline. 

“Babak semifinal dan final digelar di Kantor UT Ambon Jalan Wolter Monginsidi, Lateri Kota Ambon. Silakan para penggemar MLBB untuk hadir menyaksikan. Juga bagi para suporter dari sekolah masing-masing. Akan ada hadiah uang dan trofi selain untuk Juara 1 hingga 3, juga hadiah bagi Most Valuable Player, dan Suporter Terbaik,” kata Yuli. 

Sementara itu, pendaftaran mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma di UT Ambon semester 2023 ganjil masih berlangsung  hingga 31 Agustus mendatang. Pendaftaran secara online bisa melalui laman www.sia.ut.ac.id atau bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Lateri Kota Ambon.  
 





 

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023