Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku mengikuti lomba memasak ikan dalam yang digelar Pemerintah Provinsi setempat dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 RI serta mengedukasi masyarakat untuk lebih gemar mengonsumsi ikan.

"Daerah Maluku 90 persen merupakan wilayah laut memiliki aneka jenis ikan bernilai ekonomis dan gizinya sangat tinggi untuk mencerdaskan warganya," kata Ketua DPRD Maluku Benhur G. Watubun di Ambon, Selasa.

Menurut dia potensi perikanan yang besar di laut Maluku ini bukan saja berupa aneka jenis ikan pelagis tetapi juga ikan tuna, cakalang, kakap, atau kerapu dan udang serta kepiting yang biasanya diekspor ke luar negeri.

Oleh sebab itu melalui lomba mengolah bahan pangan berbasis ikan yang  diikuti pejabat yang tergabung dalam Forkopimda tetapi memiliki nilai edukasi yang besar terhadap masyarakat.

"Melalui kegiatan seperti ini, masyarakat diajak untuk selalu mengonsumsi pangan berbahan dasar ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka," ucapnya.

Sebab anak-anak sejak usia dini yang dibiasakan mengonsumsi ikan juga akan mencegah terjadinya gizi buruk atau pun stunting sehingga mereka akan mengalami pertumbuhan normal dan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik.

Karena melalui pemenuhan kebutuhan gizi yang baik dan tepat berupa konsumsi aneka pangan lokal termasuk ikan yang bergizi, seimbang, serta aman akan melahirkan generasi yang sehat dan unggul.

Lomba memasak ikan akan berlangsung pada Rabu, (16/8) di halaman Gong Perdamaian Dunia Ambon. Selain diikuti oleh Ketua DPRD Maluku Benhur G Watubun Gubernur Maluku Murad Ismail juga  berpartisipasi dengan  memasak makanan khas Maluku, yaitu ikan kuah kuning dengan kenari yang biasa disantap dengan papeda.

Lomba memasak tersebut diikuti 11 peserta dan tampil sebagai juara pertama Gubernur Maluku Murad Ismail, juara kedua Rektor Universitas Pattimura M. J. Saptenno, dan juara ketiga Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur G. Watubun.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, antara lain Forkopimda Plus Provinsi Maluku, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno, Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie, pimpinan OPD Provinsi Maluku, jajaran TNI dan Polri, instansi vertikal, para dewan juri



 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023