Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) menyatakan siap mengawal dan menyukseskan Pemilu 2024 dengan menjaga kebhinekaan dan mewaspadai paham anti pancasila. 

Ketua FKUB Kabupaten Halteng, Rusli Dj Husin dihubungi, Selasa di Ternate meminta  seluruh elemen mengawal dan menyukseskan Pemilihan Umum  2024 
 
"FKUB telah sepakat dengan pemerintah Kabupaten Halteng untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dalam rangka meminimalkan hal-hal yang berpotensi mengganggu suasana kondusif menjelang Pemilu 2024," ujarnya.

Rusli menyampaikan hingga saat  ini FKUB Halteng bersama Polres Halmahera Tengah memiliki hubungan yang baik dalam mengatasi permasalahan pemahaman radikal, terorisme, dan intoleran.  

Bahkan, kata Rusli, dalam menjaga keberagaman antar umat beragama akan terawat dengan baik dengan cara menghindari adanya sekat-sekat di tengah masyarakat dalam beragama.

Selaku Ketua FKUB dengan momentum ini, dia mengajak dan juga mengimbau kepada masyarakat Halmahera Tengah maupun masyarakat pendatang agar bersama-sama kita menjaga kerukunan umat beragama di bumi fogoguru.

Dia juga menambahkan, dengan adanya warga luar Halteng yang datang mencari kerja, maka beberapa kejadian yang bersifat gesekan dan bahkan konflik telah terjadi hingga terkadang sampai menimbulkan korban. Untuk itu diimbau kepada warga Halmahera Tengah  dan kepada warga luar Halteng yang datang untuk bekerja tetap menjaga situasi kamtibmas.
 
"Dengan berlandaskan Nilai-Nilai Filosofi Fogogoru, saya berharap terciptanya situasi keamanan yang damai dan kondusif demi kemajuan wilayah kita ke depan yang lebih baik dan Indonesia yang damai," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023