Ambon (Antara Maluku) - Markas Besar Polisi Republik Indonesia menyediakan satu helikopter untuk mendukung Operasi Kubah Siwalima dalam rangka pengamanan Musabaqah Tiwalatil Qur'an Nasional (MTQN) XXIV di Ambon pada 8 - 15 Juni 2012.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Johanis Huwae, ketika dikonfirmasi, Kamis, mengatakan, helikopter tersebut telah tiba di Ambon 3 Juni 2012.

"Jadi pengamanan intensif dilakukan dari udara, baik menjelang kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 8 Juni 2012 hingga Wapres Boediono dijadwalkan 15 Juni," ujarnya.

AKBP Johanis juga memastikan Kapolri Jenderal Pol. Timur Padopo tiba di Ambon, Kamis siang.

"Kami sedang menuju Bandara Internasional Pattimura untuk menjemput beliau (Kapolri) yang tiba siang ini (Kamis)," katanya.

Operasi dengan sandi 'Kubah Siwalima 2012' yang digelar Polda Maluku melibatkan lebih dari 2.000 aparat keamanan dari unsur Polri dan TNI-AD sejak 5 Juni 2012.

Sedangkan aparat TNI-AD sudah menggelar apel siaga khusus di Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IX  Ambon untuk mengamankan Presiden dan Wapres.

Dalam aturan Undang-undang sudah mengatur TNI-AD berkewajiban melakukan pengamanan pada 'ring satu 'di mana saja, ketika Presiden dan Wapres melakukan suatu kunjungan.

Sedangkan Polri akan melakukan pengamanan pada jangkauan  ring dua, dan secara khusus untuk pelaksanaan MTQN.

Berbagai persiapan pengamanan khusus di kawasan Lapangan Merdeka Ambon yang menjadi pusat kegiatan pembukaan MTQN sejak Senin pagi (4/6) sudah dilakukan. Bahkan aparat TNI-AD bersenjata lengkap mulai disebarkan di sekitar lapangan hingga belakang Kantor Gubernur Maluku untuk melakukan pagar betis.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012