Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) XVI Pattimura menjalin kerja sama dalam upaya percepatan penurunan stunting di Maluku.

"TNI AD merupakan mitra kerja BKKBN yang memiliki jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang cukup banyak, baik fasilitas kesehatan tingkat pertama, maupun rumah sakit yang dapat memberikan pelayanan KB," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Renta Rego dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan banyaknya jumlah fasilitas pelayanan kesehatan ini dapat meningkatkan cakupan kepesertaan akseptor KB di Maluku.

"Maka hari ini dilakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MOU) antara Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dengan Kesehatan Daerah Militer XVI Pattimura," ucapnya.

Baca juga: Anggota Komisi IX DPR sebut kaum pria punya andil besar turunkan stunting

Penandatanganan Kerja Sama dilakukan oleh Renta Rego selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dengan dr. Bayu Dewanto, selaku Kepala Kesehatan Daerah Militer XVI Pattimura dan disaksikan langsung oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi.

Sementara itu Kesdam XVI Pattimura mengatakan penandatanganan kerja sama juga dilakukan di tingkat kabupaten/kota dengan fasilitas pelayanan kesehatan TNI AD yang memberikan pelayanan KB.

"Kalau di Kota Ambon sendiri ada Rumah Sakit TK.II dr. J.A. Latumenten," tuturnya.

Tujuan kerja sama tersebut untuk meningkatkan koordinasi yang lebih bersinergi dalam penyelenggaraan pelayanan keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi serta percepatan penurunan stunting di Maluku.

Baca juga: BKKBN Maluku Utara gandeng Poltekkes percepat penurunan stunting

"Ini tentu dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan reproduksi serta percepatan penurunan stunting di Maluku," katanya.

Adapun lingkup dari kerja sama itu meliputi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) serta konseling KB dan kesehatan reproduksi serta stunting, penggerakan peserta KB, pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pemeriksaan kesehatan calon pengantin, pencatatan dan pelaporan, serta pemanfaatan data hasil pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego, Kepala Kesehatan Daerah Militer XVI Pattimura dr. Bayu Dewanto, Sp. BS, Kepala DPPKB Kota Ambon J.W. Patty, dan Kepala Rumah Sakit Tk. II dr. J.A. Latumenten Kolonel. Ckm dr. Dwi Susanto.Baca juga: Menkes: Stunting-pedia bantu ambil langkah entaskan stunting

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023