Ambon (Antara Maluku) - Para pedagang emas yang berlokasi di depan kantor Perum Pegadaian Cabang Ambon, kawasan Tanah Tinggi, maupun yang mangkal di pinggiran toko kawasan jalan J.Latu Harhari, kecamatan Sirimau mulai "panen' rejeki karena transaksi marak.

Pantauan ANTARA menunjukkan transaksi jual beli emas yang dilakukan para pedagang pinggiran ini marak dan mampu meraup keuntungan Rp200.000 hingga Rp400.000 per hari.

"Dalam sehari  emas yang dibeli bisa mencapai 7 hingga 10 gram, kemudian dijual lagi dengan menaikan harga karena memperhitungkan ongkos pencucian,"  kata Ny.Mey, warga Desa Hative kecil,Kecamatan Sirimau, di Ambon, Jumat.

"Saya, waktu hari Rabu (20/6) berhasil meraup keuntungan hingga  Rp500.000 karena berhasil membeli 12 gram emas dalam bentuk kalung dan cincin, selanjutnya kembali menjual kepada masyarakat sebanyak 10 gram," tambahnya.

Transaksi emas di Ambon ini yang paling marak itu terjadi menjelang hari raya keagamaan dan menjelang tahun ajaran baru.

"Seperti sekarang ini, atau dalam kurun dua minggu ke depan sudah pasti warga ada yang menjual emas simpanannya untuk membiayai anak mereka yang mau masuk sekolah atau naik kelas yang membutuhkan seragam baru maupun buku - buku tulis," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, aturan transaksi baik beli maupun jual kami semua yang ada di lokasi depan kantor cabang Pegadaian sudah mematok harga agar tidak terjadi perbedaan diantara sesama pedagang.

Emas yang dibeli baik cincin, kalung, anting maupun bentuk lainnya yang masih utuh seharga Rp400.000 per gram tetapi kalau tidak utuh lagi atau patah harganya turun yakni Rp360.000 per gram, selanjutnya dijual kembali dengan harga Rp450.000 per gram.

"Kalau saya selama minggu ini sudah berhasil membeli 15 gram emas dan sudah menjual kembali sebanyak 12 gram dalam bentuk sebuah cincin dan anting yang kebetulan masih utuh dan sesuai dengan kadar emasnya dengan harga Rp5.400.000. Itu berarti meraup keuntungan Rp500.000," ujar Mey.

Menurutnya, masyarakat senang beli dari pedagang karena harganya di bawah harga toko emas. Apalagi kadarnya emasnya terjamin karena sebelum dibeli diperiksa seteliti mungkin.

Sementara itu, harga emas di sejumlah toko emas di kawasan jalan A.J.Patty maupun di jalan J.Latuharhari Rp540.000 per gram.

Pewarta:

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012