Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada Universitas Pattimura (Unpatti) yang telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama, antara perguruan perguruan tinggi di Indonesia dan empat perguruan tinggi di Korea Selatan (Korsel).

"Ini merupakan suatu kemajuan yang mesti kita apresiasi sebab Korea Selatan merupakan negara maju," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, di Ambon, Jumat.

Ia menyatakan selain dilakukan penandatangan MoU, juga dilakukan diskusi terpumpun yang menjadi langkah awal yang sangat penting untuk menunjukkan komitmen dalam merancang dan mewujudkan perubahan nyata sistem pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

"MoU ini akan menjadi kerangka kerja yang akan membantu kita untuk mengimplementasikan berbagai program dan proyek yang akan meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Ambon khususnya dan seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi, harus ada kolaborasi secara lebih erat antara perguruan tinggi, pemerintah daerah, dan berbagai pihak terkait lainnya.

"Kita juga harus memastikan bahwa sumber daya yang dibutuhkan, baik itu dana maupun tenaga akademik, tersedia secara cukup dan berkualitas. Selain itu perlu inovasi dalam metode pembelajaran,penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengikuti perkembangan global," katanya.

Diharapkan penandatanganan MoU dan kegiatan diskusi akan menghasilkan masukan dan kerja sama yang erat untuk merubah paradigma pendidikan tinggi di Indonesia.

"Mari kita bersama - sama berkomitmen untuk memberikan pendidikan tinggi yang bermutu , relevan, dan mampu menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era global," kata Bodewin Wattimena.

Perguruan tinggi yang hadir dalam kegiatan tersebut, dari Korsel; Busan Indonesia Center (BIC), Jungwoon University, Sehan University, Kyungdong University, Mokpo Science University.

Sedangkan dari Indonesia Universitas Pattimura Ambon, Borneo-Tarakan, Nusa Cendana, Kupang, Timor Kefamenanu, Cenderawasih, Jayapura, Universitas Papua, Manokwari, Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara, dan Universitas Musamus, Merauke



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kerja sama Unpatti-universitas di Korsel diapresiasi pemerintah

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023