Universitas Pattimura Ambon menjalin kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan empat universitas di Korea Selatan.

"Hari ini kami melakukan penandatanganan MoU dengan empat perguruan tinggi dari Korea Selatan dalam tiga bidang, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita ke depan," kata Rektor Universitas Pattimura Ambon M. J. Saptenno di Ambon, Jumat.

Keempat perguruan tinggi yang dia maksud yakni Jungwon University, Sehan University, Kyungdong University, dan Mokpo Science University.

Saptenno menyampaikan bahwa Universitas Pattimura Ambon menggandeng enam perguruan tinggi di wilayah Indonesia Timur untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Korea Selatan.

Ia mengatakan bahwa kerja sama perguruan tinggi di wilayah Indonesia timur dengan perguruan tinggi di Korea Selatan merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pendidikan di bidang sains dan teknologi.

Dia juga menyampaikan bahwa ada dua mahasiswa dari fakultas perikanan dan teknik serta satu dosen fakultas teknik yang akan dikirim ke Korea Selatan untuk belajar di Universitas Busan. 

"Kita berharap ke depan semua fakultas akan mendapat kesempatan belajar ke luar negeri, mengingat Korea Selatan sangat maju dalam berbagai bidang, termasuk perikanan dan kelautan," katanya.

Rektor juga mengemukakan rencana kerja sama riset kesehatan dengan perguruan tinggi di Korea Selatan.

"Karena kita mempunyai fakultas kedokteran, sehingga kita harus segera bergabung melakukan penelitian bersama, dan juga mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk belajar di sana," kata dia.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023