Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol Lotharia Latif meminta  Polisi Lalu Lintas (Polantas) agar meningkatkan edukasi  berkendara kepada masyarakat sehingga terwujud situasi lalu lintas yang tertib dan baik. 

“Polantas  dibutuhkan untuk memberikan pendidikan berlalu-lintas yang baik kepada masyarakat. Sehingga diharapkan masyarakat dapat patuh terhadap aturan lalu-lintas selama berkendara di jalan raya,” kata Kapolda, di Ambon, Jumat. 


Hal ini disampaikan usai kegiatan jalan santai dan senam aerobik di Halaman Markas Polda Maluku, Ambon, yang dirangkai dengan acara ramah tamah di gedung Suport Center Mapolda Maluku untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-68 Polantas.


"Saya menyampaikan apresiasi kepada personel Ditlantas Polda Maluku dan personel lalu lintas yang ada di seluruh Polres jajaran atas dedikasi dan pengabdian dalam melayani masyarakat," ujar Kapolda. 



Polantas, kata Kapolda, memiliki sejarah yang panjang dan peran yang  penting. Polantas terkenal dengan kedisiplinan. Oleh karena itu, Kapolda berharap Polantas harus dapat memberikan contoh teladan yang baik dan dapat mempertahankan kedisiplinan.


"Di Maluku saya lihat wilayah daratannya lebih kecil dari pada lautnya, akan tetapi Polantas harus tetap melaksanakan tugas dengan baik sesuai fungsinya," harap Kapolda.



Kepada semua personel Lantas, ia juga mengingatkan agar terus menjaga nama baik Polri. Hindari semua tindakan yang dapat merusak nama baik kepolisian khususnya Polantas.



"Polisi lalu-lintas adalah salah satu fungsi kepolisian yang selalu berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, olehnya itu tindakan dan tutur kata rekan-rekan di lapangan harus dijaga," pintanya.



Menurutnya, meski polisi berbuat baik, tapi masih ada saja orang yang membenci. Apa lagi melakukan kesalahan, maka pasti akan dikecam semua pihak. 



"Karena itu saya berpesan agar semua polisi lalu lintas dapat menghindari tindakan yang melanggar dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat serta pengabdian untuk bangsa dan Negara," ucap Kapolda.



Kegiatan tersebut juga dihadiri  Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun, seluruh pejabat utama serta personel Polda dan Polresta Ambon.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023