Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengatakan rakyat bersama pemerintah daerah  kehilangan sosok politisi muda energik dengan meninggalnya anggota DPRD Maluku Edwin Adrian Huwae.

"Rakyat dan pemerintah daerah Maluku menyatakan kehilangan sosok politisi muda potensial yang energik dan penuh dedikasi dan kami mendoakan kepergian almarhum kiranya mendapat tempat yang damai di sisi sang pencipta," kata Wagub di Ambon, Jumat.

Penegasan Wagub disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Maluku dalam rangka upacara pelepasan jenazah Edwin Adrian Huwae  anggota DPRD Maluku masa jabatan 2019-2024 dipimpin ketua DPRD setempat Benhur G. Watubun dan dihadiri tiga wakil ketua DPRD.

Hadir dalam paripurna DPRD tersebut, dua anggota DPR RI asal daerah pemilihan Provinsi Maluku yakni Mercy Barends dan Saadiah Uluputty.

"Kita masih ingin melihat almarhum dalam kehidupan sehari-hari bersama kita namun apa daya, kehendak yang Maha Kuasa menentukan hal yang tidak pernah diduga oleh siapa pun," kata  Wagub.

Pada  upacara pelepasan jenazah, maka atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku mengucapkan duka cita dan belasungkawa yang mendalam kepada isteri Lena Tulak Huwae dan anak-anak serta keluarga besar.

"Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada almarhum yang semasa hidup, bekerja bagi bangsa dan negara serta daerah Maluku," ucapnya.

Almarhum juga aktif di berbagai bidang baik organisasi profesi, kemasyarakatan, maupun keagamaan dan semuanya menjadi bukti kalau pengabdian, karya, dan kerja sepanjang hidup almarhum bagi kepentingan daerah dan masyarakat Maluku.

Kesedihan adalah ekspresi yang dialami saat ini, namun Wagub juga mengingatkan keluarga almarhum tidak larut dalam kesedihan berkepanjangan sebab kenyataan hidup harus terus dijalani isteri dan keluarga.

Ketua DPRD Maluku Benhur G. Watubun menyatakan, paripurna ini sebagai bentuk penghormatan tertinggi DPRD kepada jenazah almarhum selaku anggota DPRD Maluku dari PDI Perjuangan.

"Almarhum adalah rekan dan teman seperjuangan," tandasnya.

Pembacaan riwayat hidup dan karir almarhum oleh Sekretaris DPRD Maluku Bodewin M. Wattimena diantaranya pernah menjabat wakil ketua DPD PDIP Maluku 2005-2010 hingga ketua DPD dan menjadi Ketua DPRD Maluku periode 2014-2019.

Almarhum meninggal dunia pada Selasa, (19/9) 2023 sekitar pukul 17.15 WIT di Rumah Sakit dr. Leimena Ambon.

Jenazah almarhum selanjutnya dibawa ke Negeri Alang, Kecamatan Leihitu Barat (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah untuk dikebumikan di tanah kelahirannya.
Rapat paripurna DPRD Maluku dalam rangka upacara pelepasan jenazah Adwin Adrian Huwae SH. M.Si anggota DPRD Maluku masa jabatan 2019-2024 dipimpin ketua DPRD Maluku Benhur G. Watubun ST. (22/9) (ANTARA/daniel/)

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023