Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura mengamankan sebanyak 133 senjata api dan ratusan butir amunisi melalui Satgas Pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) Maluku Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad.

"Sebanyak 133 pucuk senjata, terdiri dari empat pucuk senjata standar yaitu, dua pucuk laras panjang dan dua pucuk laras pendek, serta 129 senjata rakitan terdiri dari 91 pucuk laras panjang dan 38 pucuk laras pendek," kata Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNi Syafrial di Ambon, Senin.

Hal itu diutarakan Pangdam dalam upacara pelepasan Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad di Dermaga Guspurla Koarmada III Tawiri, Kota Ambon.

Ia melanjutkan dari 133 pucuk senjata tersebut juga ditemukan 593 butir amunisi campuran terdiri dari, 213 butir kaliber 5.56 milimeter 186 butir kaliber 7.62 milimeter, tujuh butir kaliber sembilan milimeter, satu butir kaliber 12.7 milimeter 166 butir kaliber 38 special dan 20 butir kaliber 45 auto. Selain itu juga, mendapat tujuh buah bahan peledak antara lain, dua buah mortir kaliber 60 milimeter, empat buah bom rakitan dan satu buah granat serta dua buah magasin dan sebuah amunisi gas air mata.

“Saya selaku Pangkoops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap prajurit Satgas dari Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad yang telah melaksanakan tugas dengan baik," katanya.

Menurut Pangdam, keberhasilan tersebut juga dilihat dari bagaimana para prajurit satgas menuntaskan kegiatan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial yang baik kepada masyarakat.

"Sehingga dengan kesadaran masyarakat dapat menyerahkan senjata api, amunisi dan bahan peledak," ujar Pangdam.

Pangdam pun mengimbau para prajurit satgas agar menginventarisasi personel, materiil, maupun alat perlengkapan yang digunakan guna menghindari terjadinya permasalahan di kemudian hari.

Dalam kesempatan yang sama, Dansatgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/AY/2/2 Kostrad, Letkol Arm Arief Budiman, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan Stakeholder lainnya, serta segenap masyarakat Maluku atas kerjasama dan dukungannya kepada Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023