Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol Lotharia Latif meminta  Polisi Lalu Lintas (Polantas) agar menyukseskan pemilu 2024 dengan memastikan  lalu- lintas lancar  di masa kampanye hingga hari  pencoblosan.

“Personel Lantas bisa mengawal dan mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman, dan damai di 2024. Ini sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan,” kata Kapolda, melalui Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, di Ambon, Senin. 

 

Hal ini disampaikannya dalam acara syukuran peringatan hari Lalu Lintas Bhayangkara yang ke- 68, berlangsung di kediaman Dinas Kapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon.

 

Menurutnya, hal ini perlu ditekankan sejak dini agar dapat mewujudkan lalu lintas yang lancar dan aman untuk aktivitas masyarakat dan semua kegiatan di jalan raya jelang hingga pelaksanaan Pemilu di 2024.

 

“Diharapkan momentum ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk lebih meningkatkan kinerja personel Lantas dalam melayani masyarakat, serta mengabdi kepada bangsa dan negara,” ujarnya.

 

Ia meminta, agar pengabdian tersebut dapat dijabarkan dengan menjalankan program prioritas Kapolri dalam mewujudkan Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi yang berkeadilan.

 

Personel Lantas juga diharapkan dapat terus berbenah diri mengikuti perkembangan zaman dan situasi yang berbasis IT (Informasi dan Teknologi). 

 

Perkembangan dari berbagai kecanggihan dan kemajuan IT diharapkan digunakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

 

Kapolda juga berharap agar ke depan dengan tantangan tugas yang semakin berat personel Lantas bisa terus melaksanakan tugasnya secara baik. 

 

Kepada personel Lantas Polda Maluku maupun Polres jajaran, Orang nomor satu di  Polda Maluku ini juga memberikan apresiasi dan terima kasih yang sudah mendukung program Polantas "Basudara Manise". 

 

Program  tersebut sendiri bertujuan untuk mendekatkan anggota Polisi Lalu Lintas dengan masyarakat sebagai mitra kerja. 

 

"Pendekatan dilakukan melalui edukasi kegiatan patroli Kamtibmas di pemukiman masyarakat untuk ketertiban dan keselamatan dalam berlalul-intas di jalan raya," ucapnya.

 

Pada syukuran tersebut, Wakapolda Maluku juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para Kasat Lantas Polres jajaran Polda Maluku yang mendapatkan juara satu, dua dan tiga pada lomba olah TKP Kecelakaan Lalulintas dan lomba Polantas Basudara Manise.

 

Syukuran hari Lalu Lintas (Lantas) Bhayangkara tersebut dihadiri Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, beserta seluruh pejabat utama Polda Maluku. Turut hadir pimpinan PT Jasa Raharja Cabang Maluku, dan pejabat lainnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023