Alat musik tifa dari Ambon, Maluku  ditampilkan pada pameran khusus kolaborasi kota kreatif di Yeiser Art Center Paducah Negara Bagian Kentucky, Amerika Serikat.

"Pameran khusus merupakan kolaborasi kota Kreatif di Yeiser Art Center yang merupakan galeri menampilkan karya seni dari sesama Kota Kreatif UNESCO Paducah di seluruh dunia," kata Deputi Kerja sama Strategis Ambon Music Office (AMO), Mark Ufie, di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan alat musik Tifa diserahkan kepada Paducah focal point Mary Hammond, yang merupakan salah satu kota kreatif UNESCO mengusung City Of Craft and Folk.

Ia mengatakan  selain alat musik tifa narasi dan lagu karya musisi band etnik reggae asal Kota Ambon Kaihulu juga ditampilkan.

Executive Director Yeiser Art Center, Lexie Millian dalam keterangan tertulis menyatakan, pameran kolaborasi digelar menandai peringatan 10 tahun Paducah sebagai Kota Kreatif UNESCO, pameran ini merayakan konektivitas melalui budaya dan artefak nyata yang mewakili Kolaborasi UNESCO Paducah. 

Pameran di buka mulai 16 September hingga 11 November 2023 setiap Selasa-Sabtu mulai pukul 10.00-17.00, dengan resepsi pada hari Jumat, 6 Oktober 2023 mulai pukul 17.00-19.00.

Karya yang dipamerkan berupa berbagai media termasuk fotografi, patung, media campuran, keramik, tekstil, dan videografi. 

Selain pameran galeri ada kegiatan lain seperti artist talk, diskusi panel, pertunjukan musik, dan workshop.

Yeiser Art Center memiliki ruang pameran permanen yang menyelenggarakan tujuh pertunjukan setiap tahunnya dan koleksi permanen lebih dari 200 karya. 

Galeri ini menawarkan program berbasis seni visual termasuk kelas pendidikan untuk anak-anak dan orang dewasa, diskusi galeri publik, dan ceramah seniman.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023