Jajaran prajurit Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Pattimura menggelar doa bersama melibatkan para pemuka lintas agama menjelang HUT ke-78 TNI di Maluku.

"Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh jajaran TNI baik darat, laut maupun udara mulai dari tingkat Mabes TNI sampai tingkat Koramil," kata Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Senin.

Pangdam menjelaskan bagi prajurit, PNS dan Persit yang beragama islam, kegiatan digelar di Masjid Al Ijtihad, Belakang Kota Ambon yang dipimpin oleh Kasi Rohis Bintaljahradam XVI/Pattimura Mayor Inf Jayadi

Kemudian bagi yang beragama Kristen Protestan digelar di Gereja Jemaat Kasih RST TK II dr J.A Latumeten yang dipimpin oleh Pendeta Yohanes Parihala.

Sedangkan untuk yang beragama Katolik doa bersama digelar di Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius, Amboina yang dipimpin oleh Pastor RD. Lopez.

"Adapun bagi yang agama hindu, kegiatan digelar di Pura Sura Mandala Denkav 5/ BLC dipimpin oleh Mayor Czi Wayan," tuturnya.

Pangdam mengatakan acara tersebut merupakan upaya ikhtiar batiniah untuk kelancaran dan kesuksesan HUT TNI pada 5 Oktober 2023.

"Alhamdulillah kita bisa kumpul pada sore ini, dalam rangkaian acara HUT ke-78 TNI, untuk melaksanakan do'a bersama lintas agama”, ujar Pangdam.

Pangdam menuturkan, tujuan diadakan kegiatan tersebut juga sebagai implementasi sila pertama untuk memohonkan doa agar TNI ke depan bisa lebih profesional, dekat dengan rakyat dan lebih dicintai masyarakat.

Selain itu, doa bersama lintas agama tersebut juga sebagai salah satu bentuk mempererat rasa persatuan antarsesama dalam bingkai toleransi antarumat beragama

Adapun rangkaian kegiatan doa bersama, juga diadakan secara virtual di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Pusat yang diikuti seluruh jajaran TNI termasuk jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023