Ternate (Antara Maluku) - Arus balik Lebaran 2012 mulai terlihat di Pelabuhan Bastiong Ternate, terutama penumpang kapal dari Kabupaten Halmahera Selatan dan Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

"Kapal Motor (KM) Aksar yang tiba di Pelabuhan Bastiong pagi tadi dari Halmahera Selatan (Halsel) dipadati penumpang yang umumnya para warga Ternate yang merayakan Idulfitri di Halsel," kata petugas Pelabuhan Bationg Ternate, Zulkifli, di Ternate, Selasa.

Kapal tersebut bisanya hanya mengangkut kurang lebih 300 orang. Namun, dalam pelayarannya dari Halsel ke Pelabuhan Bastiong Ternate, Selasa pagi memuat sedikitnya 500 penumpang yang umumnya arus balik Lebaran.

Ia memperkirakan arus balik Lebaran dari berbagai kabupaten di Malut yang melalui Pelabuhan Bastiong Ternate mencapai puncaknya pada hari Minggu (26/8) walaupun cuti bersama Idulfitri berakhir Rabu (22/8) besok.

Masalahnya sudah menjadi tradisi di Malut, para pegawai biasanya menambah hari libur Lebaran walaupun pemda di Malut telah mengancam akan memberi sanksi tegas kepada para pegawai negeri sipil (PNS) yang menambah hari libur tanpa alasan yang jelas.

Sementara itu, pada sejumlah pelabuhan lokal lainnya di Malut, seperti di Pelabuhan Kota Baru, Pelabuhan Tapak Dua, dan Pelabuhan Dufa-Dufa Ternate belum terlihat adanya peningkatan arus balik Lebaran, baik dari Ternate ke berbagai daerah sekitarnya maupun sebaliknya.

Ketiga pelabuhan lokal tersebut melayani rute pelayaran jarak dekat, seperti Ternate--Tidore, Ternate--Sofifi, ibu kota Provinsi Malut dan Ternate Jailolo, ibu kota Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Transportasi laut pada rute ini dilayani armada semut (speed boat dan perahu motor).

"Arus balik Lebaran di ketiga pelabuhan tersebut akan menunjukkan kepadatan pada hari Rabu (22/8) besok seiring dengan berakhirnya cuti bersama dan pada hari Minggu (26/8) karena saat itu berakhirnya libur sekolah," kata Kepala Adpel Ternate, M. Takwin Masuku.

Di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate yang selama ini melayani pelayaran antarprovinsi, hari ini tidak terlihat adanya aktivitas arus balik Lebaran karena tidak ada jadwal kapal penumpang yang berangkat maupun yang tiba di pelabuhan itu.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012