Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan Stadion Gelora Kie Raha segera direnovasi agar memenuhi standar untuk dijadikan sebagai homebase bagi tim Liga 2 PSSI Malut United.

"Sesuai jadwal, proses renovasi Gelora Kie Raha dimulai bulan ini dan kerja sama dengan manajemen PT Malut Maju Sejahtera (MMS) milik Malut United akan memberi keuntungan bersama," kata Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly di Ternate, Kamis.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Ternate telah menandatangani MoU antara Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman dan Dirut PT Malut Maju Sejahtera (MMS) Dirk Soplanit untuk renovasi Gelora Kie Raha Ternate yang selama ini menjadi markas tim Persiter Ternate. 

Menurut Rizal, sesuai Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut maka PT MMS akan membangun infrastruktur dan fasilitas Gelora Kie Raha sesuai standar nasional untuk dijadikan sebagai homebase Malut United di ajang Liga 2 PSSI. Pemkot Ternate juga tidak mengeluarkan dana dari APBD karena proses renovasi seluruhnya dilakukan oleh PT MMS. 

Baca juga: Stadion Gelora Kie Raha Ternate direnovasi hadapi Liga II PSSI

Nantinya, pemanfaatan Gelora Kie Raha juga akan diatur bersama dengan PT MMS tanpa ada pengalihan aset, melainkan hanya untuk penggunaan saja selama Liga 2 Indonesia yang diikuti Malut United.

Sebelumnya, Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman menyatakan Pemkot Ternate sangat mengapresiasi langkah PT MMS untuk menjadikan Stadion Gelora Kie Raha sebagai markas tim Malut United selama berlaga di Liga 2 PSSI.

"Dibuktikan dengan kehadiran seluruh klub dan SSB di Kota Ternate saat penandatangan MoU penggunaan dan pengembangan Stadion Gelora Kie Raha. Ini bukti kecintaan terhadap sepak bola di sini cukup tinggi dalam mendukung tim Malut United bermain di Ternate," ujar Wali Kota.

Menurut dia, pesepak bola dari Maluku Utara banyak berkontribusi di klub maupun timnas Indonesia, sehingga MoU ini menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Ternate melakukan perbaikan.

Gelora Kie Raha akan dibenahi sesuai standar nasional dan Pemkot Ternate tetap berkeinginan untuk memberikan porsi bagi eksistensi klub Persiter Ternate.

Disepakati bahwa Persiter akan tetap menjadi mitra kolaborasi Malut United, bahkan Stadion Gelora Kieraha yang direnovasi nantinya juga tetap menjadi home base bagi Persiter Ternate.

"Telah disepakati bahwa Persiter nantinya tetap jadi mitra kolaborasi untuk Malut United dan Gelora Kieraha tetap menjadi home base bagi Persiter Ternate," ujarnya.


Baca juga: Dispora Lanjutkan Pembangunan Gelora Kie Raha Ternate

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023