Unit Pelaksana Tugas (UPT) Badan Karantina Indonesia (Barantin) di Maluku melaksanakan aksi donor darah menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke 146 Badan Karantina Indonesia.

"Aksi Sosial Donor Darah yang dilakukan bekerjasama dengan PMI kota Ambon dan ditujukan bukan hanya untuk seluruh pejabat Karantina, tetapi juga untuk masyarakat umum," Kata Kepala UPT Badan Karantina Indonesia di Maluku, Kostan di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan donor darah itu sesuai instruksi pusat untuk dapat melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Aksi ini diharapkan menjadi aksi aktif yang mengetuk sisi kemanusiaan setiap individu, akan pentingnya menolong sesama manusia dalam menyumbangkan tetesan darah.

"Dengan terlaksananya donor darah, maka ini dapat membantu persediaan stok darah di PMI Kota Ambon," katanya.

Ia menjelaskan, target donor darah ini untuk seluruh UPT Barantin di Indonesia sebanyak 14.600 kantong darah, dimana target lokal untuk Maluku 60 kantong darah.

Perwakilan instansi pemerintah dan swasta hadir pada kegiatan aksi donor darah diantaranya PT Angkasa Pura, PT Pelindo, Pelni, dan Universitas Pattimura.

Donor darah ini merupakan bentuk aksi nyata dari kepedulian Karantina Indonesia dalam membantu sesama manusia yang membutuhkan darah di Maluku.

"Selain itu melalui donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor, karena menjadi salah satu alternatif menjaga kesehatan yang tepat di kondisi sekarang," katanya.

Selain donor darah, sejumlah kegiatan yang akan dilakukan antara lain Karantina Cup, lomba video masak untuk Dharma Wanita.

Kegiatan lainnya juga yakni Q-Virtual Race (run and bike), tarik tambang online, Media campaign, hingga apel Hari Karantina, dan puncak acara akan dilaksanakan 18 Oktober 2023 di Kantor Badan Karantina Indonesia.

HUT Karantina Indonesia ke-146 tahun 2023 dengan tema “Karantina Indonesia, Makin Kuat untuk Indonesia Hebat”.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023