Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menyatakan Pemerintah Polandia membuka peluang kerja sama bidang pariwisata dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

"Peluang kerja sama di berbagai bidang khususnya bidang pariwisata disampaikan saat kunjungan Wakil Duta Besar (Dubes) Negara Polandia untuk Indonesia Stefan Piotr Firlus, ke Pemerintah Kota Ambon," kata Bodewin Wattimena, di Ambon, Kamis.

Kunjungan Wakil Dubes Polandia, katanya lagi, bermaksud menjajaki kemungkinan adanya kerja sama di sektor pariwisata, karena dari catatan wisatawan asal Polandia yang berkunjung ke ibu kota Provinsi Maluku ini terbilang cukup banyak, mencapai 200 orang per tahun.

Jika hubungan antara kedua pihak terjalin baik, maka bisa membuka peluang membuka travel agen yang dikelola oleh pihak pemerintah atau swasta.

"Travel agen ini yang akan membantu mengatur perjalanan wisata para wisatawan Polandia selama di Kota Ambon," katanya pula.

Bodewin menyatakan, selain bidang pariwisata, Pemerintah Polandia juga tertarik pada kerja sama di bidang pendidikan melalui program pertukaran mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti).

"Hal itu tentu menjadi awal kerja sama pendidikan lainnya ke depan," katanya lagi.

Bodewin menyatakan, pihaknya sebenarnya meminta Wakil Dubes untuk bantu penyediaan air bersih, tetapi di Polandia juga air bersih sulit.

Demikian juga penanganan masalah sampah, juga telah disampaikan ke Wakil Dubes Polandia agar bisa dibantu kerja sama, serta kemungkinan penjajakan sister city atau kota bersaudara antara Ambon dengan salah satu kota di Polandia.

"Sister City itu jangka panjang, yang pasti kehadiran Wakil Dubes Polandia ke Ambon untuk mengapresiasi kota ini karena luar biasa, dia berbeda dengan kota-kota besar di Jawa. Di sini orang bisa menikmati hidup dengan baik, pemandangan alamnya indah," katanya pula.

Bodewin juga menyampaikan atensi Wakil Dubes Polandia akan keindahan dan keramahan warga Kota Ambon, dan berjanji suatu ketika ingin kembali lagi ke Ambon untuk menikmati kota musik ini.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah Polandia-Ambon membuka peluang kerja sama bidang pariwisata

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023