Jakarta (Antara Maluku) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu berupaya menyebarkan "virus" traveling melalui foto dan tulisan dalam ajang Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012 yang digelar di Epiwalk, Kuningan, Jakarta, pada 21-25 November 2012.

"Virus ini sangat positif karena mampu mengangkat budaya masyarakat dan alam suatu destinasi wisata menjadi lebih terpromosikan, yang pada akhirnya mengundang rasa penasaran orang untuk langsung melihat lokasi itu," kata Manteri Mari Elka Pangestu di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, minat generasi muda untuk terus menularkan "virus" traveling melalui foto dan tulisan belakangan ini menjadi tren tersendiri.

Pihaknya menyambut baik fenomena itu dan berharap minat tersebut bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

"Fotografi adalah salah satu produk kreatif yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai alat mempromosikan destinasi wisata," tuturnya.

Pihaknya mencatat fotografi termasuk di dalamnya film dan video sebagai salah satu subsektor industri kreatif pada 2011 menyumbangkan pendapatan Rp6,54 triliun atau 1,2 persen dari total kontribusi industri kreatif terhadap PDB dengan tingkat pertumbuhan 7,55 persen.

Fakta itu menjadikan fotografi sebagai salah satu subsektor penting yang potensial untuk dikembangkan di Tanah Air.

Untuk itu pihaknya menggelar lokakarya fotografi dalam rangkaian PPKI 2012 yang membahas tentang "Traveling Fotografi".

Forum itu diharapkan mampu mewadahi minat fotografi dari kalangan pemerintah, "creativepreneur", praktisi, pecinta fotografi, media, hingga mahasiswa. (H016/C004)

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012