Ternate (Antara Maluku) - Warga kurang mampu pemegang kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kota Ternate, Maluku Utara mengeluhkan penghentian pelayanan Jamkesda di RSUD Hasan Boesoeri Ternate.

"Beberapa waktu lalu saya pergi berobat ke RSUD Hasan Boesoeri Ternate menggunakan kartu Jamkesda, tapi tak dilayani dengan alasan rumah sakit itu tidak lagi melayani Jamkesda," kata Rohana, salah seorang warga pemegang kartu Jamkesda di Ternate, Rabu.

Rohana mengharapkan kepada manajemen rumah sakit milik Pemprov Malut itu untuk tetap melayani warga kurang mampu pemegang Jamkesda, karena mereka tidak memiliki uang yang memadai untuk berobat menggunakan dana sendiri.

Manajemen RSUD Hasan Boesoeri Ternate masih sulit dikonfirmasi mengenai hal tersebut, namun sejumlah petugas medis di RSUD itu mengaku penghentian layanan Jamkesda itu karena Pemkot Ternate belum membayar tunggakkan dana Jamkesda kepada RSUD setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ternate Nurbaity Rajabesi ketika dihubungi membenarkan bahwa pelayanan Jamkesda di RSUD Hasan Boesoeri sementara dihentikan, di antaranya karena pihaknya belum menandatangani kontrak baru dengan RSUD Hasan Beosoeri mengenai pelayanan Jamkesda bagi warga Ternate.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013