PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terus berupaya berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal keselamatan melalui tim Social Performance (SP), menggelar edukasi penanggulangan bencana alam di beberapa sekolah dasar yang ada di wilayah lingkar tambang.

Supervisor Sustainable Development SP NHM Salim Ahmad dihubungi dari Ternate, Senin, menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah menjaga lingkungan belajar untuk menjamin keberlanjutan proses belajar-mengajar yang aman, melalui penyiapan sumber daya komunitas sekolah mengenai mitigasi atau membangun kesiap-siagaan terhadap bencana.

"Ini penting untuk memberikan edukasi kebencanaan pada anak usia dini, untuk itu maka kami lebih memfokuskan sasaran sosialisasi ke Sekolah Dasar yang juga desanya paling rentan terhadap bencana alam," ujarnya.

Dia menyebut, di antaranya yang sudah dilaksanakan adalah di SD Adven Bori, Kao Utara dan di SD Inpres Takome Gamlamo Makaeling, Kao Teluk.

Kabupaten Halmahera Utara (Halut) sendiri merupakan salah satu wilayah yang memiliki resiko bencana alam yang relatif tinggi, termasuk di sekitar area lingkar tambang. Salah satu lingkungan yang paling rentan di saat terjadinya bencana adalah sekolah-sekolah.

Untuk itulah dalam membangun ketangguhan di setiap sekolah diperlukan pengetahuan manajemen bencana yang baik dan melibatkan semua komponen yang ada di sekolah, termasuk murid-muridnya.

Desa Bori, contohnya, merupakan salah satu desa di Halut yang berpotensi rawan terhadap bencana alam. Di mana posisi pemukiman dihimpit ketat oleh laut dan perbukitan, sehingga musim hujan dapat meningkatkan risiko bencana longsor dari perbukitan yang jaraknya sangat dekat dengan pemukiman warga.

Selain itu, berada di pesisir laut, warga Bori juga sangat rentan terhadap ancaman abrasi akibat gelombang pasang.

Edukasi Kebencanaan yang dilaksanakan di Desa Bori dihadiri oleh Kepala Desa, Kepala Sekolah beserta seluruh guru dan murid-murid SD Adven Bori. Dari pihak NHM yang hadir adalah tim SP dari Divisi Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat (PPM), para Koordinator Kecamatan dan Asisten Lapangan.

Kegiatan dibuka oleh Herdiyanto Bitjara selaku Korlap Kao Utara dengan mengucapkan terimakasih kepada pihak SD Adven dan perangkat Desa Bori yang telah memberikan kesempatan kepada NHM untuk dapat melaksanakan kegiatan ini, di mana desa Bori sebagai desa pertama dari kegiatan ini.

Simulasi bersama para murid juga diadakan untuk melatih respon mereka jika terjadi bencana dan cara menangani resiko yang ditimbulkan.

"Dalam edukasi kebencanaan ini, selain memberikan pengetahuan untuk menumbuh-kembangkan sikap kepedulian terkait bencana alam, kami juga melakukan praktek simulasi evakuasi ketika terjadi bencana gempa bumi," katanya.

Welly Lumahu, Kepala Desa Bori sekaligus Ketua Komite SD Adven Bori kepada tim Komunikasi menuturkan bahwa di desa mereka selain bencana gempa bumi yang umum terjadi, sambaran petir, abrasi laut dan banjir juga sering terjadi.

"Walaupun sejauh ini belum ada korban jiwa, tapi kerugian materiil kerap dialami. Seperti yang terjadi baru-baru ini di mana rumah warga terbawa hanyut oleh abrasi laut. Selain itu desa kita juga dialiri dua sungai yang ketika hujan sudah pasti akan timbul banjir," katanya.

Sedangkan, Lilian Makatika, S.Pd, selaku Kepala SD Adven Bori dalam sambutannya mengakui bahwa kegiatan edukasi ini sangatlah penting sebagai pengetahuan untuk para guru dan murid.

"Kami berterima kasih kepada NHM yang telah melaksanakan sosialisasi ini di sekolah kami. Ini merupakan kali pertama sosialisasi kebencanaan ini dilakukan di sekolah," katanya.*

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023