Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon membuat Kampung Bahari Nusantara di Seram Bagian Barat (SBB) Maluku bantu pemerintah tingkatkan perekonomian warga.

"TNI Angkatan Laut dalam bertugas kapan dan dimanapun dituntut untuk mampu berkontribusi aktif membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan," kata Danlantamal IX Ambon Brigjend Said Latuconsina di Ambon, Rabu.

Hal itu diungkapnya setelah peresmian Kampung Bahari Nusantara di Negeri (Desa) Hatusua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Menurutnya salah satu fungsi utama dengan program Kampung Bahari Nusantara yaitu menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan daerah khususnya pada wilayah pesisir.

"Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) dan bertujuan untuk mempercepat roda perputaran ekonomi masyarakat serta memberdayakan masyarakat pesisir agar dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki," katanya menjelaskan.

Ia melanjutkan program itu dibentuk guna mengangkat potensi maritim suatu wilayah. Dalam kampung bahari nusantara, terdapat lima klaster utama, yaitu klaster pertahanan, ekonomi, edukasi, kesehatan, dan pariwisata.

Kluster pertahanan membuat masyarakat dapat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara. Kedua, klaster ekonomi, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pembinaan kelompok masyarakat/usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pendampingan.

Ketiga, klaster edukasi, guna meningkatkan pengetahuan masyarakat desa melalui pembentukan rumah pintar sebagai wadah untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi, khususnya terkait dengan berbagai kegiatan, pekerjaan, serta wawasan teknologi dan kebangsaan. Keempat, kaster kesehatan, yakni meningkatkan kesehatan masyarakat desa melalui penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat serta peningkatan pelayanan puskesmas/polindes, peralatan medis, tenaga kesehatan, dan obat-obatan

Lalu, yang terakhir, kelima, yaitu klaster pariwisata, yakni bertujuan menciptakan desa agar dapat dijadikan destinasi pariwisata, khususnya wisata bahari, dengan cara memelihara dan melestarikan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya buatan.

Brigjen Said Latuconsina berharap program ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi seluruh pihak utamanya masyarakat serta membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat pesisir.

Kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara kali ini dilaksanakan serentak melalui vicon dan terpusat di Kab. Sidoarjo Jawa Timur yang dipimpin langsung oleh Aspotmar Kasal Mayor Jenderal TNI (Mar) Markos. Danlantamal IX didampingi Ketua Korcab IX DJA III, Wadan Lantamal IX serta Pejabat Utama Lantamal IX turut mengikuti acara vicon tersebut bersama Aspotmar Kasal.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023