Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura melakukan uji petik beladiri taktis untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam rangka pertahanan dan keamanan wilayah.

"Kegiatan uji petik ini, diikuti oleh perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura yang ada di wilayah Pulau Ambon," ucap Kasdam XVI Pattimura Brigjend TNI Agung Pambudi di Ambon, Kamis.

Kasdam mengatakan kegiatan itu juga sebagai pemicu kembali vakumnya beladiri TNI-AD yang sudah ada sejak lama yang semula memakai disiplin yongmodo namun saat ini menggunakan nama beladiri taktis menggunakan gerakan ringkas dan mudah untuk diaplikasikan.

"Memang, ini bermula ketika ada serah terima jabatan Kasad dari Jenderal Dudung ke Kasad Jenderal Agus Subianto, untuk membuat semacam terobosan secara nyata untuk meningkatkan kemampuan bela diri TNI AD," katanya menjelaskan.

Ia melanjutkan kegiatan itu juga berguna untuk prajurit saat diaplikasikan sebagai alat proteksi diri. Pasalnya kata dia beladiri sendiri untuk meminimalkan kerugian personel TNI AD. 

"Sehingga dengan kondisi itu, ini bukan hal yang baru, tetapi hal yang lama yang lebih disederhanakan," tuturnya.

Dihadapkan dengan kondisi Kodam XVI/Pattimura yang memiliki dua wilayah, yaitu Provinsi Maluku dan Maluku Utara kegiatan serupa dapat dilakukan tak hanya di Maluku saja namun pada setiap komando wilayah Maluku dan Maluku Utara.

"Tentunya, melalui ajang ini, kita lihat siapa yang memiliki kelebihan atau bakat, nantinya akan kita bentuk Tim untuk memberikan pembelajaran atau pelatihan langsung bagi satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura yang ada di luar pulau Ambon," katanya.

Kasdam juga berpesan, beladiri ini dilatih untuk bela bangsa, bukan untuk menjadi arogan. Dengan memiliki kemampuan beladiri, prajurit dapat melindungi diri sendiri, masyarakat, dan keluarga yang membutuhkan pertolongan seketika adanya kejadian yang mengancam.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Kasrem 151/Binaiya Kolonel Kav Joko Setiawan Sejati, para Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Para Dansat dan Kabalakdam XVI/Pattimura yang ada di pulau Ambon.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023