Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mengajak semua pihak untuk turut berperan dalam mengamankan pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

"Saya mengharapkan peran semua pihak untuk bersama-sama bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing demi untuk kelancaran pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M. Napiun, di Ambon, Kamis. 

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral untuk kesiapan pengamanan Natal 2023 dan tahun baru 2024, berlangsung di Rupatama Markas Polda Maluku, Kota Ambon. 

Rakor yang dihelat ini juga dilakukan sebagai wujud tindak lanjut dari hasil Rakor yang dilaksanakan di Mabes Polri pada 7 Desember 2023. 

 

Di samping itu, Rakor juga dilakukan sebagai wujud kesiapan baik Polri, pemerintah daerah, TNI maupun instansi terkait dalam menghadapi perayaan Nataru.

"Kita tahu bersama bahwa undang-undang mengatur tentang tanggung jawab kita di dalam kesiapan-kesiapan tersebut," ungkapnya. 

Polri dalam rangka menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru , akan menggelar operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia yaitu Operasi Lilin Salawaku 2023. Operasi Lilin akan dilaksanakan selama 12 hari, terhitung sejak 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024. 

Ia berharap hal ini disiapkan dengan optimal oleh semua pihak terkait, sehingga apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi. 

“Sehingga saat pelaksanaan perayaan Natal dan tahun baru dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama yaitu aman dan lancar,” ujarnya. 

 

Hadir mendampingi Wakapolda,   Kapoksahli Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, dan Sekda Maluku Sadali Ie. Turut hadir para pimpinan dan pejabat utama TNI Polri dan Pemerintah Daerah maupun Kementerian Lembaga di Maluku serta para Kapolres jajaran secara daring.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023