Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku telah mewisuda sebanyak 1.547 orang lulusan dari sembilan fakultas pada periode Desember 2023.

"Dari 1.547 orang wisudawan Unpatti itu adalah lulusan sarjana strata satu berjumlah 1.072 orang, profesi guru 387 orang, lulusan magister 44 orang, dan empat lulusan doktor," kata Ketua Senat Unpatti Prof Nirahua dalam prosesi wisuda Unpatti di Ambon, Senin.

Wisuda ini dilaksanakan berdasarkan keputusan Rektor Universitas Pattimura Nomor 4000/UN13/SK/2023 Tentang Wisuda Sarjana, Profesi, Magister dan Doktor pada periode Desember 2023,

Selain di Kota Ambon ada juga wisuda yang prosesinya dilakukan di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Nirahua juga merinci wisudawan Unpatti pada periode Desember 2023, terdiri atas  fakultas hukum 134 orang, fakultas iImu sosial dan politik 146 orang, fakultas keguruan dan iImu pendidikan 609 orang, fakultas ekonomi dan bisnis 148 orang, fakultas pertanian 51 orang, fakultas perikanan dan ilmu kelautan 56 orang, fakultas teknik 183 orang, fakultas matematika dan iImu pengetahuan alam 49 orang, serta fakultas kedokteran 20 orang.

Sementara di Kabupaten Kepulauan Aru 43 orang, PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya 20 orang dan pascasarjana akademik 88 orang.

Adapun lima lulusan di antara seribuan wisudawan itu mendapat predikat cumlaude. Salah satunya adalah Kepala Bappeda Kota Ambon, Dr Enrico Rudolf Matitaputty dengan program studi S3 IImu Kelautan.

Prof Nirahua berharap para wisudawan Unpatti tersebut dapat menggunakan ilmu yang didapat selama masa kuliah untuk pembangunan Maluku serta kesejahteraan masyarakat banyak.

"Jadilah orang yang berguna bukan hanya bagi diri sendiri tapi bagi daerah, bangsa dan negara. Harumkan nama almamater Unpatti," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023