Jajaran Kejaksaan Tinggi Maluku menggelar upacara peringatan Hari Ibu sebagai bentuk penghargaan atas peranserta kaum perempuan yang turut memperjuangkan dan merebut kemerdekaan Indonesia.

"Peringatan Hari Ibu tahun 2023 merupakan peringatan yang didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan Pertama di Yogyakarta pada 22 Desember 1928," kata Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejati Maluku Sigit Prabowo di Ambon, Jumat.

Upacara Peringatan Hari Ibu 2023 mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

Menurut dia, tema ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

"Langkah ini juga merupakan sebuah titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial," ucapnya.

Sigit Prabowo yang bertindak selaku inspektur upacara dalam kesempatan itu juga membacakan amanat tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Amanat menteri mengisahkan keterlibatan perjuangan pergerakan perempuan Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Maka, esensi peringatan Hari Ibu bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, yang tentunya juga sungguh istimewa.

"Namun lebih dari itu, untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara," tandasnya.

Dengan memperingati Hari Ibu setiap tahunnya diharapkan dapat memberi semangat atas pergerakan perempuan dalam menyikapi situasi dan kondisi di masyarakat saat ini, manakala persoalan kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan, dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki.

Sedangkan di sisi lain, telah banyak peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan di Indonesia yang menjadi bukti kemandirian perempuan di berbagai dimensi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai agen perubahan.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023