Aparat kepolisian mengawal surat suara Pemilu Presiden 2024 yang tiba dengan KM Ngapulu di Pelabuhan Kota Tual ke gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

"Surat suara pilpres untuk Kota Tual dan Kabupaten  Maluku Tenggara tadi pagi sudah tiba di Pelabuhan Tual dan langsung dikawal," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M Roem Ohoirat di Ambon, Selasa.

Setiba di Pelabuhan Tual, logistik pemilu tersebut dijemput dan diawasi oleh jajaran KPU dan Bawaslu Kota Tual dan Malra.

"Untuk KPU Malra langsung diangkut menggunakan truk dengan jumlah 48 koli, sementara untuk KPU Tual juga diangkut menggunakan truk sebanyak 34 koli," terangnya.

Surat-surat suara tersebut, lanjut Kombes Roem, sudah tiba di gudang penyimpanan logistik milik KPU Tual dan Malra.

Baca juga: Polisi kawal pembongkaran kontainer bilik suara pemilu 2024 di Pelabuhan Ambon
 

“Saat distribusi ke gudang penyimpanan juga dilakukan pengawalan dan pengamanan oleh personel Polres Tual maupun Polres Malra," ujarnya.

Sebelumnya, aparat Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku Polda Maluku juga sudah mengawal pendistribusian surat suara Pilpres 2024 menuju tiga kabupaten, yakni Seram Bagian Barat (SBB), Kepulauan Tanimbar, dan Maluku Barat Daya (MBD).

Tim gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu 2024 itu yakni dari Satgas Preventif, Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), Humas dan Bantuan Operasi (Banops) Polda Maluku.

Roem berharap, dalam proses distribusi logistik Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar. “Kami tentunya berharap semua logistik yang dikirim dalam keadaan aman dan lancar dan tanpa ada hambatan apapun," harapnya.


Baca juga: Polisi kawal pembongkaran peti kemas berisi surat suara di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023