Komandan Kodim (Dandim) 1501/Ternate, Maluku Utara (Malut), Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono, mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Gamalama, sebuah pos yang berfungsi memonitor aktivitas vulkanik Gunung Gamalama.

"Kunjungan ini merupakan upaya untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara militer dan lembaga terkait dalam pencegahan bencana alam dan saling bertukar informasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana alam di kawasan kota Ternate," kata Dandim 1501/Ternate, Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono di Ternate, Jumat.

Dia mengatakan, melalui kunjungan ini, TNI kembali menunjukkan peran dan kontribusinya dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan rakyat di seluruh penjuru Indonesia. Terlebih, dalam menghadapi musibah alam yang tak bisa diprediksi, pencegahan dan bersinergi menjadi kunci dalam menjaga keselamatan dan keberlangsungan kehidupan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Dandim Dandim 1501/Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono memberikan apresiasi kepada petugas di Pos Pengamatan Gunung Gamalama atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam menjaga keselamatan masyarakat sekitar.

Ia berharap, sinergi antara militer dan lembaga terkait semakin ditingkatkan untuk mencegah dan mengatasi bencana alam di kawasan kota Ternate.

Salah satu staf Pos Pengamatan Gunung Gamalama Dedi, mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan Dandim.

Dikatakannya kunjungan tersebut sebagai bukti konkret dari hubungan yang erat antara militer dan petugas Pos Pengamatan Gunung Gamalama, dan lebih dari itu, bentuk motivasi bagi staf pos pengamatannya.

Selain itu, Dedi juga memberikan gambaran tentang alat perlengkapan dan peran yang dimainkan oleh pos pengamatannya dalam membantu masyarakat setempat menghadapi bencana alam.

Ia menjelaskan bahwa melalui pos pengamatan dapat memberikan informasi yang cukup untuk membantu masyarakat mengambil tindakan yang tepat saat terjadi bencana alam.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024