Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan personel untuk melakukan pencarian terhadap seorang warga Sofifi bernama Hi Merdu (47 tahun) dinyatakan hilang di Kawasan perairan Sofifi, Pulau Halmahera pada Rabu pagi.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman dihubungi, Rabu, mengatakan pihaknya menerima laporan telah terjadi kondisi membahayakan jiwa seorang warga Bernama Hi Merdu dilaporkan tenggelam di dermaga bongkar muat Sofifi saat sedang berenang.

Kronologis Singkat, Pada tanggal 16 Januari 2024 pukul 18.41 WIT, Korban dengan kebutuhan khusus pergi berenang di Pelabuhan Bongkar Muat Sofifi pada saat kondisi cuaca buruk.

Selang beberapa saat kemudian saksi mata melihat korban telah tenggelam. Pihak keluarga korban dan warga sekitar melakukan pencarian hingga malam hari namun hasil masih nihil selanjutnya keluarga korban melaporkan mohon bantuan SAR.

Baca juga: Basarnas Ternate tangani 47 kejadian kecelakaan laut selama tahun 2023

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan pada Rabu pukul 06.10 Wit, Tim Rescue Basarnas Ternate menuju lokasi dengan membawa perahu karet dan Peralatan SAR laut lainnya untuk melaksanakan operasi pencarian.

Sedangkan, dalam pencarian, Basarnas Ternate melibatkan sejumlah personel TNI/Polri, keluarga dan masyarakat.

Sebelumnya, petugas menyelamatkan penumpang speedboat rute Sidangoli Halmahera - Ternate dilaporkan tenggelam saat dalam perjalanan menuju Ternate.

Dia mengatakan, setelah menerima laporan, pukul 17.10 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate dengan menggunakan RIB 04 Ternate bergerak menuju lokasi kejadian tenggelamnya speedboat membawa lima orang penumpang dan dua orang ABK.

Kronologis Singkat, Speed Boat Al Fatih A7 rute Sidangoli Ternate mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan Sidangoli Maluku Utara kemudian mohon bantuan SAR.

Saat dalam perjalanan menuju lokasi, tim mendapat informasi dari KSOP Ternate bahwa seluruh korban, yaitu lima orang penumpang dan dua ABK berhasil ditemukan dan dievakuasi dalam keadaan selamat oleh speed boat Setan Merah yang sedang melintas di lokasi kejadian. Pukul 17.45 WIT, seluruh korban telah dievakuasi ke pelabuhan speed boat Masjid Raya Al-Munawar Ternate dan telah kembali ke rumah masing-masing.

Baca juga: 370 orang diselamatkan, Basarnas Ternate tangani 48 musibah sepanjang 2023

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024