Ambon (Antara Maluku) - "American Corner", sebuah perpustakaan tentang Amerika Serikat (AS), akan dibuka di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon pada Juni 2013.

"American Corner hanya dibuka di universitas negeri. Unpatti memiliki 20 ribu orang mahasiswa, ini adalah tempat yang bagus untuk American Corner," kata Public Affairs Officer Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat Andrew M. Veveiros di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan dibukanya perpustakaan tentang Amerika Serikat di Ambon adalah untuk membantu mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di AS, mempermudah mereka mengakses berbagai informasi tentang negara tersebut.

American Corner merupakan hubungan kerja sama Kedutaan AS dengan perguruan-perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, dengan menyediakan akses akurat tentang politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan kehidupan sosial di AS melalui koleksi buku, majalah dan jurnal.

Juga CD dan DVD, serta akses ke internet dan database online melalui program lokal untuk masyarakat umum.

Pembantu Rektor IV Unpatti Bob Mosse mengatakan, American Corner di Unpatti akan dipusatkan di perpustakaan kampus Unpatti di Desa Poka, dan tidak hanya dikhususkan bagi mahasiswa di sana, tetapi terbuka untuk umum.

"Rencanannya akan diluncurkan pada Juni 2013, nantinya tidak hanya untuk mahasiswa di sini saja, tapi juga untuk masyarakat yang ingin mengenal tentang Amerika," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013