Ternate (Antara Maluku) -  Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara berencana menggelar festival budaya Melanesia dengan melibatkan negara-negara serumpun.

Wakil Wali Kota Ternate Arifin Djafar mengatakan di Ternate, Kamis, rencana menggelar festival Melanesia itu didasarkan pada pertimbangan adanya persamaan budaya antara Ternate dengan negara-negara rumpun Melanesia seperti Papua Nugini, Palau dan Fiji.

Ia mengatakan, untuk merealisasikan rencana menggelar festival budaya Melanesia tersebut, Pemkot Ternate akan mengkoordinasikannya dengan Pemprov Maluku Utara (Malut) serta sejumlah kementerian terkait seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Luar Negeri.

"Pada akhir pekan ini kebutulan ada 17 pejabat pemerintah dari negara rumpun Melanesia yang akan berkunjung ke Ternate. Kita akan memanfaatkan kunjungan itu untuk membicarakan pula rencana penyelenggaraan festival budaya tersebut," katanya.

Kunjungan pejabat pemerintah dari negara rumpun Melanesia tersebut difasilitasi Kementerian Luar Negeri untuk melihat budaya dan potensi ekonomi di Ternate, termasuk di tiga kota lainnya di Indonesia yakni Kota Tidore Kepulauan, Jakarta dan Bandung.

Menurut Arifin, jika rencana festival budaya Melanesia bisa direalisasikan jelas akan memberi kontribusi besar bagi Ternate dalam mempromosikan potensi pariwisata terutama wisata budaya dan sejarah serta potensi investasi di daerah ini.

Pewarta: La Ode Mainuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013