Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Maluku menjadwalkan distribusi logistik Pemilu 2024 ke 940 Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai 12 Februari 2024 atau H-2.

"Sesuai jadwal distribusi logistik dilakukan H-2 Pemilu di kecamatan Leitimur Selatan yang merupakan lokasi yang jauh dari pusat kota, " kata Ketua KPU Kota Ambon , M. shadek Fuad, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan mematangkan skema pergeseran logistik dari gudang, ke desa/kelurahan dan negeri dan dilanjutkan ke setiap TPS.

Selanjutnya pasca pemungutan suara Pemilu, pihaknya juga akan mengembalikan kotak suara dari lokasi-lokasi TPS menuju kepada desa dan kemudian menuju ke lokasi tempat dilakukannya rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan.

"Skema pergeseran logistii ini masih harus kita matangkan untuk dikoordinasikan nanti dengan pihak keamanan dan pemangku kepentingan lainnya di tingkat PPK, PPS maupun KPPS, " katanya.

Shadek berharap, apa yang telah direncanakan bisa terlaksana dengan baik tanpa kendala apapun saat hari pemungutan suara.

"Proses distribusi logistik Pemilu ke TPS nantinya akan dikawal oleh pihak TNI-Polri dan Bawaslu, " ujarnya.

Ia mengakui, semua logistik utama untuk Pemilu 2024 sudah siap 100 persen, kekurangan surat suara yang rusak juga telah dikirim dan disortir.

"Logistik utama sudah lengkap semua, termasuk surat suara yang kurang beberapa waktu lalu. Kita berharap tidak terjadi kekurangan di hari pencoblosan," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 252.367 pemilih.

DPT Kota Ambon untuk Pemilu 2024 terdiri dari laki-laki sebanyak 120.155 pemilih dan perempuan sebanyak 132.212 pemilih.

Total pemilih tersebar di 50 desa negeri dan kelurahan pada lima kecamatan dan 940 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024