Universitas Terbuka (UT) Ambon, Maluku melakukan sosialisasi kampus kepada masyarakat setempat melalui pertunjukan panggung musik terbuka.

"Panggung musik ini dibuka bagi siapapun yang ingin bernyanyi atau bermain alat musik yang tersedia, ini upaya kami untuk memperkenalkan Universitas Terbuka kepada masyarakat Kota Ambon lewat musik. Apalagi Kota Ambon adalah salah satu kota musik dunia," ucap Direktur Universitas Terbuka Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori di Ambon, Sabtu.

Panggung musik terbuka itu berada di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Maluku, yaitu Maluku City Mall (MCM) Ambon.

Ia mengatakan panggung musik terbuka itu diselenggarakan Universitas Terbuka pada akhir pekan, mulai Jumat hingga Minggu, pada pukul 12.00 hingga 20.00 WIT.

Di tengah pertunjukan, stan Universitas Terbuka Ambon sekaligus menerima pendaftaran dan tanya jawab bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dalam terkait dengan UT atau bahkan ingin mendaftar menjadi mahasiswa UT.

"Jadi tidak hanya panggung musik terbuka, tapi kalau mau tanya-tanya atau mendaftar bisa mengambil formulir," katanya.
 

Direktur Universitas Terbuka Ambon Yuli Tirtariandi El Anshori (dua dari kiri) bersama staf (ANTARA/DedyAzis)

Pada kesempatan itu, Yuli sekaligus mengenalkan keunggulan Universitas Terbuka Ambon.

"Dengan kuliah di UT mahasiswa dapat bekerja dan membuka usaha sekaligus melanjutkan kuliah di UT, karena UT sendiri memiliki program kuliah daring yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja tergantung kontrak kuliah yang disepakati," kata dia.

Selain itu, kata dia, UT memiliki layanan luar negeri yang hingga saat ini berdasarkan data ada sekitar 1.060 mahasiswa UT tersebar di 50 negara.

"Sebagian besar tersebar di Kota Tokyo dan Osaka, hal ini membuka peluang kepada alumni SMKN 5 Ambon yang bekerja di luar negeri untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi," ujarnya

Keunggulan lainnya UT, yakni penerimaan mahasiswa baru dibuka dua kali dalam setahun. Keunggulan ini hanya dimiliki oleh UT karena memiliki daya tampung yang tidak terbatas.

Terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari Diploma, S1, S2, hingga S3 dengan pilihan studi di berbagai fakultas, seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Pendaftaran calon mahasiswa juga bisa melalui laman ambon.ut.ac.id atau sia.ut.ac.id, atau langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024