Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke tiga kecamatan di Ambon menggunakan truk dengan pengawalan pihak kepolisian. 

"Hari ini sesuai jadwal kita mulai dari kecamatan Leitimur Selatan yang jauh dari pusat kota, kemudian kecamatan Teluk Ambon dan Baguala, " kata Ketua KPU Kota Ambon  M  Shadek Fuad di Ambon, Selasa. 

Ia mengatakan pada H-1  akan dilakukan distribusi ke dua kecamatan yakni Sirimau dan Nusaniwe  dilanjutkan ke setiap TPS. 

Distribusi logistik pemilu dilakukan di tingkat kecamatan selanjutnya dibawa ke desa, negeri dan kelurahan, dan ke 940 TPS di Kota Ambon. 

Total ada 4.700 kotak suara didistribusikan ke 940 tempat pemungutan suara yang tersebar di lima kecamatan di Kota Ambon. 

Lima kotak suara tersebut yaitu  pemilihan presiden-wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota yang dibungkus dalam plastik untuk menjaga dari kerusakan.

“Semua bisa melihat kotak suara dan logistik lainnya sudah dikirim ke tiga kecamatan dengan pengawalan pihak kepolisian dan dijaga dengan baik supaya tiba dengan selamat hingga ke tempat tujuan,” ujarnya.

Dalam mendistribusikan logistik, pihaknya bekerja sama dengan PT Pos Indonesia cabang Ambon untuk sampai ke TPS. 

"Diharapkan saat hari menjelang pencoblosan, logistik pemilu sudah berada di TPS, " katanya. 

Selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan PPK di tingkat kecamatan,  PPS dan KPPS untuk memastikan logistik dan seluruh perlengkapan tiba dengan baik. 

"Kegiatan distribusi logistik Pemilu itu melibatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kepolisian dan TNI, " ujarnya. 

Pihaknya berharap, proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke semua kelurahan dan ke tempat pemungutan suara  dapat berjalan dengan lancar.

"Kami memohon doa agar pada pendistribusian logistik Pemilu 2024  dapat berjalan dengan lancar, tidak ada halangan," katanya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024