Personel Komando Resimen (Korem) 152/Baabullah Ternate, memperkuat kekuatan personel dan materiil  dengan melibatkan BKO Polda Maluku Utara (Malut) dalam rangka mendukung kelancaran dan keamanan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) di Malut.

"Kami kerahkan sebanyak 2.801 personel yang  dikerahkan ke setiap kabupaten/kota di wilayah tersebut " kata Danrem 152 Baabullah Ternate Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga di Ternate, Selasa.

Menurut dia, kekuatan ini merupakan hasil dari kerja sama antara Komando Daerah Militer XVI/Pattimura (Kodam XVI/Pattimura) dan Polda Maluku Utara, sebagaimana yang telah tertuang dalam perjanjian kerja sama  mencakup bantuan personel, materiil, dan pertukaran informasi.

 Upaya ini bertujuan untuk menciptakan  Pemilu yang aman dan nyaman bagi masyarakat, serta memberikan ketenangan bagi warga yang akan memberikan hak suara.

Oleh karena itu, dirinya berharap kehadiran kekuatan BKO Polda Maluku Utara ini diharapkan dapat memberikan dukungan optimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung. 

"Kami berkomitmen  bekerja sama dengan Polri guna menjamin pelaksanaan Pemilu yang damai dan menghindari situasi yang dapat mengintimidasi masyarakat. Pesta demokrasi seharusnya dirayakan dalam suasana riang gembira, bukan intimidasi," ujar Elkines.

Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya bersama aparat militer dan kepolisian dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas dan sesuai dengan prinsip demokrasi.

Diharapkan, kehadiran kekuatan ini dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif dalam menentukan masa depan bangsa melalui hak pilihnya.

Danrem menambahkan, Korem 152/Baabullah dan Polda Maluku Utara juga mengimbau seluruh  masyarakat untuk tetap tenang dan bersikap bijak selama Pemilu berlangsung dan dengan kerja sama yang baik antara TNI dan Polri, diharapkan Pemilu di Malut dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang dipilih secara demokratis.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024