PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) beroperasi di Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara membekali karyawannya melalui pelatihan manajemen lingkungan agar mampu melampaui persyaratan yang ditetapkan (Beyond Compliance) dalam penilaian PROPER tahun 2024 terus diperkuat.

"Sebagai bagian dari upaya ini dan peningkatan kapasitas internal khususnya dalam pengelolaan lingkungan, manajemen memberikan pelatihan terkait ISO (International Organization for Standardization) kepada 50 peserta dari berbagai departemen," kata Manajer Departemen Environmental (Lingkungan Hidup), Widi Wijaya dihubungi, Jumat.

Menurut dia, para peserta aktif mengikuti kegiatan pelatihan tentang Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001:2015) dan Audit Sistem Manajemen (ISO 19011:2018), baik secara daring maupun tatap muka di Gedung Two Rivers Gosowong, yang dipandu oleh Emi Sumartini, S.T, dari konsultan mitra NHM, PT Panji Teknologi Services.

Widi menyampaikan harapan manajemen terkait pelaksanaan pelatihan, karena perjalanan menuju PROPER Hijau membutuhkan perencanaan dan realisasi yang matang dan terstruktur untuk meningkatkan kinerja lingkungan di Tambang Emas Gosowong." katanya.

Baca juga: NHM terus tingkatkan kesadaran lewat bulan K3

Pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 dan Audit Sistem Manajemen ISO 19011:2018 adalah langkah konkret dalam mendukung Perusahaan memiliki auditor-auditor internal yang kompeten dan independen untuk melaksanakan audit, terutama dalam pengelolaan lingkungan. "Mari kita manfaatkan pelatihan ini untuk memperdalam pengetahuan dan mendukung perusahaan mewujudkan pengelolaan lingkungan yang semakin baik,” ucapnya.

Ketika mengikuti materi pelatihan, semua peserta terlihat antusias saat dibagi ke dalam kelompok. Mereka mengikuti Workshop I tentang pembentukan sistem pada sebuah perusahaan yang baru dibangun yang mencakup pengelolaan lingkungan, Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), serta proses bisnis. Sedangkan Workshop II membahas cara melakukan audit internal secara profesional. Setiap sesi workshop dinilai oleh pemateri, dan di akhir kegiatan peserta menerima feedback dan evaluasi.

Di akhir pelatihan, Rustam Salim, salah seorang peserta dari Departemen Environmental yang juga terpilih sebagai peserta terinteraktif, menyampaikan kesannya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemateri yang telah membimbing kami terkait pengetahuan ISO Sistem Manajemen Lingkungan dan Audit Sistem Manajemen. Harapan saya, dengan pengetahuan yang kami peroleh hari ini, kita semua dapat bekerja sama agar NHM berhasil melaksanakan audit internal dan menciptakan inovasi di setiap departemen melalui partisipasi peserta pelatihan ini dan karyawan lainnya," ujarnya.


Baca juga: NHM edukasi pengelolaan kawasan bebas sampah

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024